Sistem Operasi YunOS, Kejar Android dan IOS di China

7 Jul 2016 22:00 4971 Hits 0 Comments
Kehadiran sistem operasi YunOS asal China, berpotensi merusak dominasi Android dan IOS.

(Gambar via: www.lienew.com)

Tidak dapat dipungkiri, Android dan IOS merupakan dua platform sistem operasi mobile yang begitu dominan di perangkat smartphone maupun tablet. Sang rival kelihatan belum bisa menyaingi Android maupun IOS dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja sistem operasi Windows 10 yang merupakan sistem operasi terbaru besutan Microsoft juga tampaknya tak berkutik jika dibandingkan dengan Android dan IOS. Pun sistem operasi Blackberry 10, juga kesulitan bersaing dengan dua sistem operasi tersebut. Dalam kesempatan terakhir Blackberry malah memutuskan mengadopsi Android dalam smartphone besutannya, yaitu Blackberry Priv.

Kedigdayaan Android maupun IOS memang begitu besar, namun di negara China, mereka tampaknya kedatangan pemain baru yang akan mengusik kedigdayaanya. Sistem operasi YunOS, merupakan sistem operasi yang bisa jadi akan merusak dominasi Android maupun IOS. YunOS merupakan sistem operasi milik Alibaba, situs Ecomerce asal negeri tirai bambu tersebut.

Sistem Operasi YunOS, Kejar Android dan IOS di China

Basis dari sistem operasi YunOS adalah Android Open Source project. Tidak tanggung-tanggung, Alibaba juga sudah membeli vendor smartphone Meizu dan Duowei untuk pengembangan sistem operasinya tersebut.

Pada tahun 2015, sistem operasi YunOS diklaim telah mengalami perkembangan sebanyak 700%, dan dalam tahun ini 17 juta perangkat yang menggunakan YunOS telah dipasarkan di negeri tirai bambu tersebut.

Tahun ini, YunOS diharapkan dapat mencapai raihan 20-25 % dipasar, itu artinya penjualan perangkat yang berbasiskan YunOS mencapai angkat 100 juta perangkat.

Jika melihat dari raihannya, bukan tidak mungkin YunOS menjadi pesaing serius bagi Android dan IOS. Pasar China, yang merupakan pasar terbesar bagi para vendor smartphone, tentunya sangat menggoda. Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia tersebut, memang dikenal sebagai pasar yang menggiurkan dan juga sebagai tempat produksi smartphone yang dijual dipasaran. Selain memiliki pangsa pasar yang besar, YunOS juga didukung oleh raksasa toko on line asal negeri tersebut, Alibaba.

Dominasi Android dan IOS memang sampai saat ini belum bisa disaingi oleh platform sistem operasi yang lain, namun hadirnya YunOS yang dibekingi oleh Alibaba bukan tidak mungkin akan menggoyang dominasi yang selama ini menjadi miliki keduanya. Kita tunggu bagaimana YunOS berbicara di pasar komputer mobile kedepan.

Tags Smartphone

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel