Mobil Tanpa Supir Baidu akan Hadir di Jalanan 5 Tahun Kedepan

7 Jun 2016 08:27 1919 Hits 0 Comments
Pihak Baidu akan menghadirkan produk mobil tanpa supir dalam lima tahun kedepan secara masal. 

Fenomena mobil otomatis atau mobil tanpa supir tampaknya akan terus berlanjut. Meski beberapa perusahaan masih dalam tahap pengembangan dan uji coba, ternyata masih tetap banyak perusahaan juga yang ingin terjun ke ranah mobil tanpa supir ini. 

Salah satu perusahaan yang baru yang siap meramaikan ranah mobil otomatis adalah Baidu. Seperti diketahui, Baidu merupakan raksasan internet dari Tiongkok yang produknya cukup akran di kalangan pengguna, termasuk di Indonesia. 

Dikutip dari Kompas Tekno (07/062016) yang melansir The Wall Street Journal, pihak Baidu akan menghadirkan produk mobil tanpa supir dalam lima tahun kedepan secara masal. 

Pernyataan tersebut  dikatakan oleh Senior Vice President Baidu, Wang Jing. Wang sangat optimis kalau Baidu nantinya akan bisa memproduksi mobil tersebut secara massal dan mendapatkan respon postifi. Hal ini ditandai dengan keyakinannya yang menurutnya pasar mobil otomatis masih baru dan tidak ada yang mendominasi. Jadi peluangnya cukup besar untuk semua perusahaan yang bermain di ranah ini. 

Sang raksasa mesin pencari dari Tiongkok tersebut tampaknya cukup serius masuk ke ranah mobil otomatis. Perusahaan yang menguasai pa pangsa pasar lebih dari 80 persen di ranah internet ini sedang melakukan ujicoba terhadap produk mobil otomatisnya di beberapa jalan di Tiongkok.

Mobil tersebut diuji di kota Beijing, Wuhu, dan Shanghai. Baidu sendiri menargetkan jika nantinya mobil tanpa supir ini akan diuji di 10 kota yang berbeda di seluruh daratan Tiongkok. Tujuannya untuk melihat kondisi mobil ketika mengarungi jalanan dalam berbagai kondisi seperti kemacetan, cuaca, dan jalan itu sendiri. 

Baidu sendiri rencannya akan membenamkan teknologi yang memungkinkan mobil bisa berkomunikasi dengan mobil atau pengguna lain. Bisa dengan mobil otomatis atau mobil yang memiliki supir. 

Teknologi tersebut masih dalam tahap pengembangan

Oh yah, ada dua hal menarik terkait mobil dari Baidu ini. Pertama adalah soal keamanan mobil yang menurut Baidu memiliki keamanan lebih tinggi dibandingkan mobil biasa. Yang kedua, mobil otomatis Baidu memiliki kemudi. Kemudinya sebenarnya tidak perlu tetapi lebih ditujukan untuk kesenangan sang pemilik. 


Foto via Wired
Sumber via Kompas Tekno 

About The Author

Graha 53
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel