Prosesor 8 Core 16 Threads ini Adalah Prosesor Masa Depan AMD

1 Jun 2016 17:59 2618 Hits 0 Comments
MD memperkenalkan arsitektur prosesor masa depannya oleh CEO AMD Lisa Su yang sedang mempertontonkan unit enginering sample dari Summit Ridge (prosesor desktop berbasis arsitektur Zen) di hadapan publik.


Pada ajang Computex 2016 di Taiwan, produsen pembuat prosesor AMD meluncurkan beberapa produk andalannya. Yang pertama adalah prosesor APU seri "Bristol Ridge" yang jadi penerus APU Carazo. APU yang merupakan prosesor kombinasi CPU dan GPU ini selalu jadi produk andalan AMD di ranah PC.

Yang kedua adalah VGA Radeon RX 480, sebuah kartu grafis kelas menengah yang cukup mumpuni.

Produk yang ketiga adalah produk masa depan AMD. Produk tersebut adalah prosesor dengan arsiterktur terbaru dengan julukan “Zen”.

Dikutip dari Kompas Tekno,  Rabu (1/6/2016), AMD memperkenalkan arsitektur prosesor masa depannya oleh CEO AMD Lisa Su yang sedang mempertontonkan unit enginering sample dari Summit Ridge (prosesor desktop berbasis arsitektur Zen) di hadapan publik.

Menurut sang CEO, prosesor Zen dari AMD ini akan hadir sebagai prosesor 8 core dan 16 thread. Prosesor ini juga dibangun dengan teknologi terbaru AMD FinFET,


Prosesor AMD Zen sendiri diklaim memiliki kemampuan 40% lebih baik dari prosesor AMD sebelumnya, Excavator. Kemampuan yang meningkat tersebut adalah kemampuan berdasarkan Instructions Per Clock (IPC) dari prosesor AMD Zen.

Prosesor Zen ini nantinya akan menggunakan socket AM4  yang memang tampaknya ditujukan untuk pengguna enthusiast.


Prosesor AMD Zen nantinya akan hadir untuk beberapa perangkat seperti PC desktop, notebook, server, dan juga embedded devices

Yang menarik, AMD Zen akan dipasangkan dengan prosesor APU pada generasi berikutnya.

Kehadiran prosesor AMD ini tentunya cukup menyita perhatian publik yang datang ke acara Computex 2016.

Sayang, pihak AMD belum mau menejlaskan kapan produk AMD Zen ini akan hadir ke publik. Sang CEO hanya memastikan kalau produk Zen terlebih dulu di kirim ke perusahaan rekanan. Baru pada kuartal ketiga, AMD akan meluncurkan dalam jumlah besar.


via Kompas Tekno

Tags

About The Author

Graha 53
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel