Flashback: Menilik Dua Ponsel Pintar Pertama Motorola yang Ternyata Tidak Memakai Android

30 May 2016 17:17 1948 Hits 0 Comments
Motorola pernah menciptakan ponsel pintar pertama mereka yakni Motorola A920 dan A925 yang sama sekali tidak mengusung OS Android

Motorola kini dikenal sebagai produsen ponsel pintar Android. Beberapa produknya seperti Moto X, Moto G, dan sebagainya cukup menarik perhatian meskipun kurang populer di Indonesia.

Saya sendiri sebenarnya sebenarnya cukup tertarik dengan produk Android dari Motorola. Tapi entah kenapa gaung produk Motorola terasa kurang di Indonesia.

Padahal dulu, waktu saya masih menyandang status pelajar, saya sempat mencicipi ponsel merk Motorola. Maklum saja, dulu Motorola bersama Nokia termasuk salah satu produsen ponsel yang cukup laris.

Mungkin karena era smartphone ini, giliran produsen lain yang namanya naik daun. Motorola sih bisa dikatakan masih terdengar namanya. Tapi di Indonesia, kalah oleh nama-nama seperti Samsung, Asus, LG, dan lainnya.

Padahal Motorola ini juga salah satu pionir hadirnya ponsel pintar lho. Mereka pernah menciptakan ponsel pintar dengan sistem operasi Symbian, sebuah OS jadul yang tak lagi digunakan.

Dua ponsel bersistem operasi Symbian tersebut adalah A920 dan A925. Tidak ada catatan terkait tanggal peluncuran kedua produk ini. Yang jelas, kedua produk ini meluncur pada tahun 2003 silam.

Spesifikasi Motorola A920 dan A925 tergolong mumpuni bahkan canggih kala itu. Kedua ponsel tersebut hadir dengan layar yang mendukung 65ribu warna. Konektivitasnya mendukung jaringan 3G yang kala itu tergolong modern.

Yang menarik, ponsel ini sudah mendukung kamera depan VGA dengan resolusi 208 x 320 piksel untuk melalukan panggilan video. Sesuatu yang terbilang keren kala itu. Apalagi, ponsel yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan pena stylus.

Motorola A920 dan A925 sudah mendukung A-GPS serta Bluetooth. Kedua ponsel pintar ini juga sudah dibeklai prosesor satu inti TI OMAP 168 Mhz. Memori penyimpanannya hanya tersediadua pilihan 8MB dan 12MB. Sementara untuk SD Card, hanya mendukung 32MB. Sekarang sih hitungannya sudah bukan MB tetapi GB.

Sayangnya, ponsel yang satu ini tidak mendukung jaringan Wi-Fi.

Hmm, Motorola A920 dan A925 ini sebenarnya cukup menarik sih dari sisi desain tapi yah jelas untuk keperluan sekarang sudah sangat-sangat ketinggalan.

Sumber dan gambar via PhoneArena

Tags

About The Author

Graha 53
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel