1

#NyalaUntukYuyun Puncaki Google Trends dan Trending Topik di Twitter

3 May 2016 18:01 2902 Hits 1 Comments
#NyalaUntukYuyun merupakan bentuk perlawanan dan solidaritas netizen.
Google Trends. (foto: google.co.id)

 

 

GOOGLE Trends memasukkan tagar #NyalaUntukYuyun dijajaran atas peristiwa yang tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

#NyalaUntukYuyun merupakan bentuk perlawanan dan solidaritas netizen terhadap meninggalnya Yn (14), siswi SMP di Bengkulu yang diperkosa 14 pemuda.

Ya, dunia maya di media sosial, khususnya twitter, jadi trending topik dan mendadak ramai dengan munculnya tagar #NyalaUntukYuyun ini.

Kronologis tragedi memilukan meninggalnya Yn pun ramai diperbincangkan di media sosial.

Peristiwanya terjadi pada pertengahan April 2016, Yn ditemukan sudah tak bernyawa.

Bermula saat warga Padang Ulak Tanding (PUT), Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu yang geger dengan temuan sesosok mayat sudah berbelatung di dalam jurang, Senin (4/4/2016).

#NyalaUntukYuyun Puncaki Google Trends dan Trending Topik di Twitter
Media sosial pada Senin (2/5/2016) diramaikan dengan tagar #NyalaUntukYuyun, sebagai aksi solidaritas netizen terhadap perkosaan yang menimpa Yn. (foto: twitter)

 

Informasi terkini, sejumlah aktivis yang tergabung dalam gerakan Save Our Sister (SOS), Rabu 4 Mei 2016 bakal menggelar aksi damai di seberang Istana Negara.

Aksi itu sebagai wujud solidaritas terkait kasus kekerasan seksual yang menimpa Yn di Bengkulu.

Aksi yang akan digelar pada pukul 16.00-18.00 WIB ini akan dihadiri sejumlah aktivis dari berbagai elemen seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM), aktivis perempuan dan sebagainya.

"Ada sekitar 200 orang yang akan hadir dari berbagai elemen. Karena kita melalui media sosial, jadi beragam yang datang, ada LSM, kelompok remaja juga," kata anggota Komite Aksi Perempuan (KAP) Estu Fanani, Selasa (3/5/2016).  

Perihal Google Trends manfaat dan kegunaannya pada saat ini popularitasnya memang mulai merangkak seperti namanya.

Ketika seorang peselancar berkeinginan ingin mendapatkan informasi yang paling banyak dicari orang, ternyata google sudah menyediakan fasilitas yang dicari tersebut.

Keberadaanya memang sangat membantu untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti halnya untuk berbisnis.

Dari sejumlah informasi yang berhasil dikumpulkan, Google Trends merupakan aplikasi web milik google yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang paling trend atau paling terkenal dan paling banyak menjadi perhatian orang di jagat dunia maya menurut google.

Google mengklasifikasikan topik paling hot berdasarkan parameter pencarian yang paling banyak dicari orang diseluruh dunia lewat mesin pencari miliknya.

Saat ini google trends sudah dilengkapi fasilitas pencarian berdasarkan klasifikasi tertentu, negara misalnya.

Jadi, seandainya kita memutuskan untuk melihat topik paling hangat dinegara tertentu, kita tinggal memilih negara yang ingin kita peroleh informasinya, Google Trends secara otomatis akan menampilkan topik terhangat dinegara tersebut.

Seperti halnya trending topik di twitter, informasi yang ditampilkan oleh google trends tidak jauh beda seperti itu.

Namun, Google Trends lebih elegan karena informasi yang ditampilkan bukan hanya teks seperti halnya twitter, informasi yang ditampilkan Google Trends ditampilkan dengan dilengkapi gambar, jumlah pencarian dan juga sumber informasi tersebut berasal.

Google Trends bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal. Misalnya, seorang pebisnis bisa melirik produk yang paling banyak dicari orang.

Untuk blogger keberadaan Google Trends bisa membantu untuk menentukan judul artikel dengan kata kunci sesuai dengan topik yang paling trends saat ini.

Tentu tak sedikit kegunaan manfaat dari Google Trends. Halaman situs Google Trends bisa dilihat di sini. (*)

 


sumber: bbc, kompas.com, liputan 6, google trends.

 

Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel