1

Happy Earth Day

22 Apr 2016 12:39 3303 Hits 2 Comments
Taukah kalian? Apa Hari Bumi itu?

 

Hari Bumi sedunia jatuh pada hari ini tanggal 22 Apr 2016. Di indonesi perayaan hari bumi seperti ini masih jarang diketahui oleh masyarakat umum, itu sebabnya saya menulis artikel tentang Hari spesial ini.

Kenapa adanya peringatan hari Bumi? Pada mulanya John McConnel yang memulai inisiatif pertama kali sehingga dalam sejarahnya hari bumi mulai dikenal pada tahun 1969 di mana saat itu matahari berada tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinos market. Hari Bumi kemudian mulai mendapat perhatian lebih setelah Gaylord Nelson, seorang senator di Amerika Serikat. Satu tahun kemudian mengajak masyarakat untuk peduli pada lingkungan.

Hari bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu Bumi. Kini Hari Bumi diperingati oleh  lebih dari 175 Negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi.

Meski masyarakat indonesia tidak banyak mengetahui mengenai hari bumi ini. Beberapa tempat dan organisasi sekolah-sekolah Indonesia sendiri memperingatinya. Sebagai contohnya,

Hargatop dilansir dari Harian Yogya, hal sederhana ditunjukkan siswa SD Ungaran 1 Jogjakarta dalam memperingati Hari Bumi 2016. Mereka membuat acara kirab busana tapi menggunakan kemasan daur ulang. Dengan menyanyikan yel-yel supaya masyarakat menjaga lingkungan.

Lain lagi dengan Generasi Hijau Nasional (GERHANA), sebuah gabungan puluhan mahasiswa Medan dalam memperingati Hari Bumi 2016. Mereka menggelar long march dan bagi-bagi bibit buah mulai dari lingkaran merdeka hingga ke bundaran majestik, Medan. Pada hari kamis (21/4/16)

Kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup seharusnya ditanamkan sedini mungkin dan harus berkesinambungan atau tak lekang oleh waktu. Hal ini tidak lepas dari kesadaran sosial yang dapat ditumbuhkan melalui penyuluhan atau pemberian informasi yang lengkap tentang pelestarian lingkungan kepada masyarakat umum. Terutama bagi kita generasi muda Indonesia, marilah kita sebagai generasi Muda Indonesia menjunjung tinggi rasa cinta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar kita. Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di Bumi ini.

Tags

About The Author

yuznia anggraini 27
Novice

yuznia anggraini

Grow up
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel