1

2060 : Umat Manusia seluruh Dunia terancam kekurangan air bersih

20 Apr 2016 19:18 4924 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Sudah berapa banyak air yang anda buang?

Taukah anda bahwa persediaan air bersih dunia saat ini telah menipis?  menurut penelitian yang dilakukan oleh  para ilmuwan National Academy of Sciences pada tahun 2060 umat manusia diduga akan terancam kekurangan persediaan air bersih. Bukan hanya di daratan Afrika yang tandus, tengok saja di Indonesia. Ternyata 64 dari 92 daerah terluar di Indonesia kekurangan air bersih. Selain itu, hampir setengah dari penduduk Indonesia kekurangan bahkan tidak memiliki akses ke sumber air bersih. Dengan semakin meningkatnya populasi manusia, kebutuhan akan air bersih pun meningkat.

 

Ketika mengetahui berita ini, saya tertarik untuk mengetahui sudah berapa banyak air yang saya buang selama ini? Rasa penasaran ini membuat saya ber-eksperimen mengenai jumlah air yang sudah saya buang hingga sekarang. Dalam sehari saya mandi 2 kali. Dalam sekali mandi saya bisa menghabiskan sekitar 21 gayung air bersih, setiap gayung berisi 1 liter air bersih. jadi dalam sehari saya menghabiskan 42 liter air untuk mandi sekitar 3 liter untuk minum dan 5 liter untuk hal-hal lain. Jadi dalam sehari saya sudah membuang 50 liter air bersih, dalam seminggu sudah 350 liter air terbuang dan dalam satu tahun 127.750 liter air telah saya buang. Hasil ini membuat saya malu, kenapa saya menyia-nyiakan keberadaan air bersih.

Padahal persediaan air bersih di dunia hanya 3 % dari 70% keseluruhan air dimuka bumi. Terlebih lagi, 2% keberadaan air bersih ada di es abadi. Jadi hanya 1 % yang bisa kita nikmati saat ini.

Bayangkan bila diumur saya yang ke 17 ini berapa juta air yang sudah saya buang. Bila pengeluaran air saya ini diumpamakan sebagai pengeluaran air seluruh orang didunia sudah berapa air bersih yang terbuang percuma.

Marilah kita renungkan apa saja manfaat air bagi kita, dan mengapa kita membuang-buangnya begitu saja. Pernahkah anda sekalian berfikir dunia tanpa air besih? Atau material apa yang bisa digunakan untuk menggantikan peranan air bersih? atau mungkin berfikir tentang mengubah 67% air yang tak bisa digunakan menjadi berguna untuk kita.

Tags

About The Author

yuznia anggraini 27
Novice

yuznia anggraini

Grow up
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel