Robot yang Nyaris Mendekati Wanita Cantik Sempurna Telah Dibuat di Tiongkok

18 Apr 2016 16:58 25173 Hits 0 Comments
Jia Jia ini adalah sebuah robot manusia dengan bentuk dan penampilan seperti wanita sungguhan.

Pernah membayangkan kalau diantara manusia yang Anda kenal, salah satunya adalah robot? Kejadian seperti ini tentunya hanya bisa terjadi di dalam sebuah film atau karya fiksi lainnya. Tapi, bukan berarti hal ini tidak bisa terjadi di dunia nyata.

Pasalnya, kini telah hadir sebuah robot yang benar-benar mirip dan menyerupai manusia. Robot tersebut bernama Jia Jia.

Jia Jia ini adalah sebuah robot manusia dengan bentuk dan penampilan seperti wanita sungguhan. Tekstur wajahnya, bentuk alisnya, dan hal-hal detail lainnya menyiratkan bahwa robot ini memang tampak seperti wanita cantik yang sesungguhnya.

Adalah University Science and Technology of China (USTC) yang menciptakan robot cantik bernama Jia Jia ini.  Berdasarkan video yang diunggah oleh channel Phualva Times  di Youtune, robot Jia Jia ini adalah robot yang dikembangkan selama 3 tahun lamanya.

Selama tiga tahun tersebut, tim peneliti USTC memang berniat membuat sebuah robot yang benar-benar mirip manusia. Robot ini bahkan tidak hanya mirip dari segi bentuk fisik tetapi juga soal cara bicara.

Yah benar, Jia Jia ini adalah robot yang memiliki kemampuan berbicara. Ketika Jia Jia bilang suatu kalimat, gerakan bibirnya akan pas seperti halnya manusia mengucapkan kalimat yang sama. Itu berarti, tim peneliti yang mengembangkan robot ini memang benar-benar serius dalam menggarap robot yang satu ini.

Anda bisa melihat sekilas tentang robot Jia Jia lewat video berikut ini.

Pada video tersebut, tampak jelas kalau Jia Jia mampu menghidupkan suasana dengan ekpresi yang benar-benar mirip manusia sesungguhnya.

Anda pasti berpikir kalau robot ini sudah sempurna karena menyerupai manusia. Tapi sebenarnya robot ini masih tetap dikembangkan. Pasalnya, tim peneliti USTC belum memasukan berbagai ekspresi lainnya. Contohnya ekspresi menangis dan tertawa. Kedepan, tim USTC akan membenamkan ekspresi ini ke dalam roboto Jia Jia

Oh yah, Jia Jia ini akan dipamerkan dan diperkenalkan ke publik pada acara Shanghai International Technology Fair yang berlangsung mulai dari 21 hingga 23 April mendatang.

Tampaknya kalau suatu hari Jia Jia benar sempurna, bukan tidak mungkin, apa yang terjadi dalam sebuah fiksi ilmiah, yakni robot yang ada diantara manusia bisa benar-benar menjadi nyata.

 

Tags

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel