1

Inilah Makna dan Filosofi Huruf 'i' pada iPhone yang Perlu Anda Tahu

23 Mar 2016 22:33 3891 Hits 0 Comments
APPLE telah menjadi produk yang besar.
Illustrasi. (foto: hurriyetdailynews)

 

SEIRING berjalannya waktu, meski belakangan Apple telah menjadi produk yang besar dan mereka tak lagi terpaku dengan nama produk yang berawalan “i”. 

Pada gilirannya, tetap saja para pengguna Apple tergelitik untuk mengetahui rahasia dibalik huruf 'i' tersebut. 

Sejak peluncuran pertama iPhone bukan hanya produk fisik saja yang berawalan huruf “i”. Apple juga menyematkan huruf ini pada produk-produk software buatannya.

Apple -pun tak segan untuk merombak software-software baku yang mereka sediakan pada produk mereka seperti iTools, iMessage dan yang lainnya.

Pendiri Apple, Steve Jobs sempat menjelaskan arti awalan ‘i’ saat pertama kali memperkenalkan Imac yang diluncurkan pada tanggal 7 Mei 1998.

“Imac berasal dari pernikahan kegembiraan Internet dengan kesederhanaan Macintosh. Kami menargetkan ini menjadi nomor satu penggunaannya, konsumen mengatakan bahwa mereka ingin komputer untuk mendapatkan internet dengan sederhana dan cepat,” ujarnya.

Menurutnya, huruf 'i' pada awal iPhone adalah sebagai pendefinisian fitur-fitur maupun produk yang dimiliki Apple dengan arti “internet” meskipun tidak sepenuhnya begitu.

Saat memeperkenalkan komputer iMac itu, Steve Jobs mengatakan bahwa konsumen ingin menggunakan komputer untuk internet.

"Konsumen mengatakan bahwa mereka ingin komputer untuk mendapatkan di internet sederhana dan cepat, meskipun ini adalah Macintosh," katanya.

Sejak saat itulah, semua produk ditambahkan huruf 'i'.

Namun, internet bukanlah satu-satunya makna tersembunyi dari huruf 'i'.

Selama peluncuran, Steve Jobs menunjukkan slide dengan sejumlah definisi yang berbeda: internet, individual, instruct, inform dan inspire. 'i' juga berarti beberapa hal lain.

Perusahaan akhirnya menggunakan huruf ini untuk semua merek.

Untuk produk smartphone Apple membuat nama dengan ‘iPhone’, produk yang memiliki efek yang sama untuk Apple sebagai iMac.

Jadi, dibalik branding produk Apple, huruf “i” menjadi representasi dari internet yang kini menjadi kebutuhan wajib bagi pengguna komputer saat ini.

Dan terbukti dengan penambahan awalan huruf “i” pada produknya, brand mereka menjadi sangat kuat dan dikenal banyak masyarakat.

Oleh karena itu, Steve Jobs mempertahankan awalan huruf “i” pada produk-produk Apple selanjutnya yaitu iPhone dan iPad. (*)

 

sumber: independent, mashable
Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel