Tahun Baru Imlek, iPhone Masih Jadi Terfavorit

8 Feb 2016 19:07 1679 Hits 0 Comments
Dari seluruh pencarian yang dilakukan pengguna asal Indonesia selama 7 hari terakhir, ternyata pencarian dengan keyword iPhone merupakan pencarian terbanyak.

Menjelang sampai tahun baru Imlek 2567 yang jatuh pada hari Senin, 8 Februari 2015 lalu, ternyata membawa angin segar bagi Apple, produsen pembuat smartphone bermerek iPhone. Mengapa?

Dari data yang dikumpulkan oleh Google, dari seluruh pencarian yang dilakukan pengguna asal Indonesia selama 7 hari terakhir, ternyata pencarian dengan keyword iPhone merupakan pencarian terbanyak.

Jika ada 100 orang pengguna yang melakukan pencarian, 48 di antaranya melakukan pencarian terhadap iPhone, 40 orang melakukan pencarian terhadap Oppo, 33 Samsung Galaxy, 32 Xiaomi, dan 25 LG.

Lho, kok angkanya lebih dari 100? Ya bisa saja. Dari 100 orang yang melakukan Googling tersebut kan bisa melakukan pencarian lebih dari 1x :)

Yang menarik, pengguna yang melakukan pencarian terhadap iPhone paling banyak adalah pengguna asal Kepulauan Riau, Bali, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Banten.

Di peringkat kedua, merek yang paling banyak di-Googling adalah Oppo. Sebagai gambaran, merek ini sangat terkenal di kawasan Sulawesi Barat, Jambi, Jawa Timur, Gorontalo dan Kalimantan Tengah.

Dari lima merek yang paling banyak dicari, LG adalah merek yang berada di posisi kelima. Sebagian besar pengguna yang melakukan pencarian atas merek ini berasal dari Jakarta.

Berikut ini data lengkapnya.

Data pencarian Google Trends ini memang bukan berarti menggambarkan tingkat penjualan smartphone dengan merek-merek tersebut. Namun demikian, jumlah pencarian yang dilakukan oleh end-user di Google ini bisa menggambarkan seberapa besar ketertarikan atau keinginan pengguna untuk mencari tahu terhadap produk-produk yang kemungkinan besar akan ia beli. Artinya, Google Trends ini bisa menjadi patokan untuk mengukur seberapa populer sebuah produk atau merek dibanding yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags Smartphone

About The Author

Tedi Kasuma 45
Ordinary

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel