1

Awaaas!! Jangan Klik Link Situs Lelucon 'crashsafari.com' Bikin iPhone Crash dan Reboot

27 Jan 2016 16:47 7757 Hits 1 Comments
MULAI beredar dan ramai diperbincangan lagi baru-baru ini.
Illustrasi. (foto: mirror)

 

BANYAK orang yang jadi korban lelucon selama beberapa hari terakhir ini. Para korban itu lalu berkeluh-kesah berkicau di twitter mengeluhkan tentang lelucon yang mengesalkan mereka.

Ya. Nama lelucon itu "crashsafari.com". Begitu link bernama “crashsafari.com” itu dibuka, kolom alamat di peramban akan dipenuhi ribuan karakter secara terus menerus.

Setelah lebih kurang 20 detik, browser Safari di iPhone dan Chrome di Android pun bisa gagal berfungsi, sementara ponsel yang bersangkutan menjadi panas dan pelan.

Sebelum heboh link "crashsafari.com" ini beredar, beberapa waktu yang lalu, seorang peneliti bernama Indrajeet Bhuyan berhasil menemukan cara menjahili smartphone seseorang dengan menggunakan media chatting multiplatform WhatsApp. Cara yang dibeberkan cukup merepotkan.

Sebab untuk melumpuhkan smartphone targetnya, diperlukan pesan berisi emotikon yang jumlahnya hingga ribuan.

Nah, kali ini seorang ahli keamanan Mikko Hypponen mengungkapkan, bahwa lelucon berupa link "crashsafari.com" telah ada sejak April 2015. Tetapi, mulai beredar dan ramai diperbincangan lagi baru-baru ini.

Meskipun link "crashsafari.com" cukup mudah untuk dilumpuhkan atau dihindari, Hypponen memperingatkan bahwa beberapa orang menggunakan link penyingkat seperti bit.ly dan ow.ly untuk menyamarkan link "crashsafari.com".

Salah satunya link dipersingkat sudah diklik lebih dari 100.000 kali. Wow!

Lelucon berupa link "crashsafari.com" mendatangkan malapetaka di kalangan pengguna iPhone.

Betapa tidak, lelucon ini begitu meyakinkan pengguna iPhone hingga tak membuat curiga untuk tergoda mengklik link ke sebuah situs web "crashsafari.com".

 

Awaaas!! Jangan Klik Link Situs Lelucon 'crashsafari.com' Bikin iPhone Crash dan Reboot

 

Siapa saja yang mencoba membuka situs tersebut akan mengalami crash (hang) pada browsernya. Beragam browser mulai dari Chrome hingga Firefox yang berjalan di OS Windows dan Android langsung hang pascaberupaya membuka situs tersebut.

Bahkan pada iPhone dan iPad, tidak hanya hang tetapi kedua jenis perangkat ini langsung ‘restart’.

Anehnya, situs "crashsafari.com" itu tidak mengganggu aktivitas browser Internet Explorer 11 di Windows 8.1. Ya, browser besutan Microsoft yang sering diremehkan oleh banyak orang itu kebal terhadap "crashSafari.com".

Situs tersebut untungnya hanya situs biasa dan tidak mengandung virus, atau potensi kerentanan keamanan lain.

Situs ini hanya berisi kode yang bisa mengganggu proses pembukaan URL pada browser hingga menyebabkan crash.

Tentu yang jadi pertanyaan kita semua adalah, apakah ada cara untuk mengatasi “crashsafari.com” ini? Ternyata, mudah saja. Cukup lakukan reboot, dan perangkat pun akan kembali normal. (*)

 

 

sumber: mirror, applenesian, indogamers
Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel