Beatrice Tinsley, Sosok yang Ada di Google Doodle Hari Ini, SIapakah DIa?

27 Jan 2016 10:47 1576 Hits 0 Comments
Google Doodle hari ini

Google Doodle selalu menyajikan hal-hal menarik pada hari-hari tertentu.. Dan, pada Rabu, 27 Januari 2016, Google menampilkan Google Doodle dari tokoh astronomi bernama Beatrice Tinsley. Siapa sebenarnya Beatrice Tinsley?

Beatrice Tinsley adalah seorang perempuan yang lahir pada 27 Januari 1941 di Inggris. Perempuan ini adalah tokoh yang cukup berpengaruh karena pemikirannya pada perkembangan dunia astronomi.

Beatrice Tinsley, Sosok yang ada di Google Doodle Hari Ini, SIapakah DIa?

Ialah yang menemukan tentang teoris bagaiaman dunia bergerak dan selaras dengan waktu. Ia juga yang  menyadarkan bahwa galaksi yang besar itu terdiri dari jutaan bintang. Dari pemikiran ini, ia kemudian memecahkan misterri terkait galaksi baik pada masa lampau maupun pada masa depan.

Ia meramalkan perupaan galaksi bukan untuk sepuluh atau dua puluh tahun yang akan datang, tetapi berjuta-juta tahun yang akan datang. Ia mengungkapkan hal itu berdasarkan formasil asli dari bintang yang tampak saat itu.

Teori dari Beatrice tentu saja sangat berpengaruh  pada teori lain dalam dunia astronomi. Contohnya adalah Big Bang. Teori ini  Berpengaruh pada jarak dan ukuran alam semesta yang penuh mister ini. Tentu saja mencangkup tentang Big Bang itu sendiri.

Beatrice Tinsley, Sosok yang ada di Google Doodle Hari Ini, SIapakah DIa?

Selain fokus pada dunia astronomi, Beatrice juga tetap seorang perempuan yang nantinya jadi ibu. Ia sering membagi waktu yang cukup untuk pekerjaannya dan juga mengasuh kedua anak adopsinya. Terkadang Beatrice sering mengajak kedua anaknya. Contohnya, saat ia mengajak anaknya berkunjung ke perpustakaan. Namun, kedua anaknya itu ia tinggalkan saat ia bercerai dengan Suaminya pada 1974.

Setelah itu, ia fokus bekerja. Ia banyak mengabdi di Universitas Yale. Di kampus inilah, Beatrice sering mempublikasikan temuannya. Sayangnya, Beatrice hidup dalam tempo singkat. Ia minggal pada usia 40, saat kariernya sedang menanjak dan sukses.

Tapi, kematian Beatrice Tinsley tidak sia-sia. Empat tahun setelah kematiannya, Universitas Yale memberikan gelar kehormatan bagi Beatrice Tinsley sebagai professor astronomi. Dan, 75 tahun setelah ia lahir, tepatnya 27 Januari 2016, Google memberikan penghargaan dengan menampilkannya di Google Doodle.

 

Tags

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel