1

Sereem. . ISIS Ancam Miss Irak 2015 Shaima Qasseem Abdulrahman

27 Dec 2015 20:48 1911 Hits 1 Comments
IA menerima ancaman tak lama setelah memenangi kontes kecantikan
Miss Irak 2015, Shaimaa Qasseem Abdulrahman. (foto: reuteurs)

 

JUMLAH wanita yang mengikuti kontes kecantikan atau Miss Irak tadinya mencapai 200 orang.

Namun, angka itu menyusut hingga sisa 10 wanita saja karena adanya ancaman pembunuhan di situs resmi kontes kecantikan Irak dan akun Facebook.

Kontradiksi dan ancaman pembunuhan itu juga menyebabkan penundaan tayangan langsung malam final Ratu Kecantikan Irak di televisi hingga dua bulan.

Sereem. . Miss Irak 2015 Shaima Qasseem Sempat Diancam ISIS
Miss Irak 2015, Shaimaa Qasseem Abdulrahman. (foto: reuteurs)

 

Shaimaa Qasseem Abdulrahman (20) terpilih jadi Miss Irak dan mengaku mendapat ancaman telepon bahwa dia akan diculik kelompok ISIS.

Ia menerima ancaman tak lama setelah memenangi kontes kecantikan yang digelar di ibu kota Irak, Baghdad, Sabtu (19/12/2015) lalu menurut laporan media di Kuwait.

Perempuan berusia 20 tahun asal Kirkuk itu mengaku sempat tertekan oleh ancaman itu. Namun dia bersikeras ancaman tersebut tak akan menghentikannya.

Jerusalem Post mengutip media lokal Kuawait al-Watan, melaporkan, dalam teror telepon itu, Shaimaa dipaksa bergabung dengan kelompok bersenjata itu atau akan diculik.

Namun ratu kecantikan itu menyatakan dia akan terus maju meski menghadapi rintangan.

"Saya tidak takut apapun, karena saya yakin apa yang saya lakukan tidak salah. Saya ingin membuktikan bahwa perempuan Irak punya keberadaan sendiri dalam masyarakat Irak, dia punya hak-hak seperti laki-laki," ujar Shaimaa seperti dikutip dari NBC News.

Kontes kecantikan di Irak terakhir terselenggara pada tahun 1972 lalu. Ya, pada 2015 inilah, ajang ratu kecantikan ini kembali hadir. 

Penyelenggaraan kontes kecantikan di Irak untuk pertama kalinya sejak 43 tahun itu sempat mendapat protes dari para pemuka agama dan pemimpin suku konservatif.

Mereka menyebut kontes kecantikan semacam itu tidak Islami dan mengancam moral masyarakat.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa setidaknya sudah ada dua kontestan yang mengundurkan diri setelah mendapat ancaman pembunuhan.

Penyelenggara membatalkan seksi baju renang dalam kompetisi itu dan menunda penayangan acara final di televisi untuk menangkis kritik.

Sereem. . Miss Irak 2015 Shaima Qasseem Sempat Diancam ISIS
Miss Irak 2015, Shaimaa Qasseem Abdulrahman. (foto: reuteurs)

 

Namun para kontestan yang didukung oleh banyak masyarakat Irak tetap berkeras untuk melanjutkan acara yang mereka anggap sebagai penanda langkah menuju kenormalan dalam masyarakat yang masih terbelah dan trauma 12 tahun setelah Amerika Serikat menggulingkan Saddam Hussein.

Pertama dan terakhir kali Irak berpartisipasi dalam kontes kecantikan internasional adalah tahun 1972, saat Wijdan Burhan al-Deen mewakili negara itu di ajang Miss Universe. (*)

 

 

 

Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel