1

Selamat Tinggal Adobe Flash! Selamat Datang Adobe Animate!

8 Dec 2015 08:05 4028 Hits 0 Comments
Adobe akhirnya meninggalkan Adobe Flash

Dulu, saya ingat betul jika ingin memutar video di Youtube, saya harus pasang Adobe Flash terlebih dulu di browser. Jadi, ketika saya sudah instal browser, saya kemudian harus segera instal plugin Adobe Flash agar bisa memutar video Youtube. 

Tapi kini hal tersebut tak perlu lagi. Banyak browser yang sudah mendukung untuk memutar video Youtube tanpa harus menginstal Adobe Flash terlebih dulu. Ini karena browser tersebut sudah menggunakan  HTML5 untuk keperluan teknologi dan animasi video. 

Adobe Flash pun mulai ditinggalkan. Banyak situs video lainnya juga yang tidak menggunakan Adobe Flash dan memilih menggunakan HTML5. Twitch salah satunya. 

Perkembangan internet para era mobile pun membuat banyak pengembang tidak memilih Adobe Flash. Ini karena Adobe Flash dikenal sangat berat dan cukup rawan eskplosit. 

Meniliki fenomena ini, seharusnya Adobe bisa mengubah teknologinya atau menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan internet saat ini. Sayangnya, Adobe terlambat dalam melakukan hal ini. 

Baru pada tahun 2015 inilah Adobe melakukan langkah yang seharusnya dilakukan beberapa tahun lalu. 

Dikutip dari laman blog resmi Adobe (8/12/2015), Adobe  menghadirkan nama baru bernama  Adobe Animate. Perubahan ini bukan sekadar pergantian nama dari Adobe Flash menjadi Adobe Animate. 

Perubahan ini disertai dengan perubahan fokus teknologi animasi interaktif yang kini jadi standar baru, HTML5. Ini berarti kita bisa ucapkan selamat tinggal pada Adobe Flash dan selamat datang  Adobe Animate. 

Selamat Tinggal Adobe Flash! Selamat Datang Adobe Animate!

Apa yang baru pada Adobe Animate? 

Adobe Animate akan hadir pada tahun 2016 dengan menghadirkan teknologi animasi untuk berbagai keperluan. Contohnya untuk keperluan iklan interaktif maupun industri animasi. 

Adobe Animate tentunya akan jadi “mainan” baru bagi pengembang dalam menciptakan video animasi interaktif. Tidak ada lagi Flash. Adobe Animate adalah solusi baru. 


Adobe Animate sendiri akan tersedia sebagai Adobe Animate CC yang terdapat pada Adobe Creative Cloud Suite tahun 2016 nanti. 


Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Adobe Animate, Anda bisa menyaksikan videonya berikut ini. 

 

Sumber : Adobe

 

Tags

About The Author

Graha 56
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel