1

Hei, Smart People! Yang Mau Berakhir Pekan di Bandung, Prakiraan Cuacanya Seperti Ini

4 Dec 2015 07:40 1787 Hits 1 Comments
PRAKIRAAN cuaca ini akan berlangsung mulai hari ini.
Illustrasi. (foto: shutterstock)

 

KOTA Bandung dan enam belas wilayah di Jawa Barat (Jabar) diprakirakan bakal diguyur hujan dengan intensitas sedang, Jumat (4/12/2015).

Informasi ini disampaikan oleh  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya, bmkg.go.id yang memprakirakan prakiraan cuaca ini akan berlangsung mulai hari ini, pukul 07.00 hingga Sabtu (5/12/2015), pukul 07.00.

Kecepatan angin rata-rata dalam kondisi cuaca hujan dengan intensitas sedang, khusus untuk wilayah Kota Bandung adalah 15 kilometer per jam dari arah Tenggara.

Suhu udara di Bandung berkisar antara 21 - 30 derajat celsius (°C).

Selain itu, kelembapan udara di Bandung berkisar antara 59 - 95 persen.

Intensitas hujan sedang antara 5,0 - 10,0 mm per jam atau 20 - 50 mm per hari diprakirakan bukan hanya terjadi di Kota Bandung saja, tapi di enam belas wilayah lain di Jabar.

Wilayah-wilayah yang juga mengalami hujan sedang itu antara lain, Cibinong, Pelabuhan Ratu, Cianjur, Soreang, Kuningan, Sumber, Majalengka, Sumedang, Purwakarta, Ngamprah, Bogor, Cisaat, Cirebon, Bekasi, Depok, dan Cimahi.

Beberapa wilayah di Jawa Barat, BMKG memprakirakan bakal mengalami cuaca hujan ringan, Garut, Singaparna, Ciamis, Indramayu, Subang, Karawang, Cikarang, Tasikmalaya, dan Banjar.

Wilayah Jabodetabek sepanjang pagi ini diprakirakan cerah berawan.

Beberapa wilayah Jabodetabek, memasuki siang hari cuaca berawan, sebagian ada yang mengalami hujan ringan seperti di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Tangerang.

Malam hari, BMKG memprakirakan sebagian wilayah di Jabodetabek berawan dan beberapa diantaranya mengalami hujan ringan seperti di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

 

Peringatan Dini

4 – 5 Desember 2015 : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan bag Timur dan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Barat dan Papua bag Utara. 6 – 7 Desember 2015 : Sumatera Selatan, Bengkulu, Kalimantan Barat bag Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur bag Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Barat dan Papua bag Utara. 8 – 10 Desember 2015 : Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Barat dan Papua bag Utara.

 

Catatan dan Keterangan

Hujan ringan dengan intensitas          : 0,1 - 5,0 mm/jam atau 5 - 20 mm/hari

Hujan sedang dengan intensitas         : 5,0 - 10,0 mm/jam atau 20 - 50 mm/hari

Hujan lebat dengan intensitas             : 10,0 - 20 mm/jam atau 50 - 100 mm/hari

Hujan sangat lebat dengan intensitas   : >20 mm/jam atau >100 mm/hari

 

Untuk keperluan 'perencanaan' dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi BMKG di unit kerja Pusat Meteorologi Publik-Informasi Meteorologi Publik sebagai antisipasi perubahan/updating dari prakiraan mingguan ke nomor telepon: 021- 4246321. (*)

Tags

About The Author

sri mulyani fadiar 43
Ordinary

sri mulyani fadiar

ibu rumah tangga
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel