Awal Tahun 2016, Google Play Store Akan Berubah

20 Nov 2015 10:45 2379 Hits 0 Comments
Berubah bukan secara tampilan, melainkan adanya penambahan fitur.

Sebuah pembaruan akan segera dilakukan oleh salah satu pasar aplikasi Android terbesar di dunia, yaitu Google Play Store. Pembaruan atau update yang akan mulai diimplementasikan tahun 2016 ini adalah sebuah update penambahan fitur yang berhubungan dengan advertising atau pengiklanan di Google Play Store.

Dengan diimplementasikannya fitur ini nanti, semua aplikasi yang ada di Google Play Store akan memiliki label seperti label “ad-supported”. Tujuan dengan diberikannya label ini adalah untuk membantu memberikan peringatan kepada para pengguna tentang konten apa yang akan ditemukan pada sebuah aplikasi yang terpajang di Play Store.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fitur ini akan mulai diimplementasikan pada tahun 2016, tepatnya pada bulan Januari 2016. Semua aplikasi yang ada di Google Play Store seperti game dan aplikasi pihak ketiga akan diberikan label tanpa kecuali.

Label-label ini sendiri akan mudah dilihat, karena walaupun tulisannya tidak begitu besar, letaknya yang berdekatan dengan tombol “Install” atau “Pasang” sudah cukup untuk menarik perhatian mereka yang ingin memasang suatu aplikasi.

Peletakan label-label tersebut dapat dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

Jika Anda adalah seorang pengembang aplikasi, maka untuk melanjutkan keberadaan aplikasi Anda di Play Store atau menambahkan aplikasi Anda ke Google Play Store, Anda harus terlebih dahulu masuk ke Play Developer Console dan menyatakan apakah aplikasi Anda tersebut mengandung iklan atau tidak.

Hal tersebut akan mulai diberlakukan pada tanggal 11 Januari 2016.

Setelah tanggal tersebut, bagi para pengembang aplikasi yang ingin melakukan update pada aplikasinya juga harus kembali melakukan pernyataan tentang ada atau tidak adanya iklan pada aplikasi yang ingin di-update tersebut.

Google juga menambahkan, bahwa jika pada aplikasi yang ada di Google Play Store tersebut terdapat iklan yang memang melanggar ketentuan dari Google Play Developer Program, maka sanksi yang akan diberikan kepada developer aplikasi tersebut adalah penangguhan aplikasi tersebut sehingga aplikasi tersebut tidak muncul di Google Play Store sampai dengan waktu yang tidak ditentukan atau sampai aplikasi tersebut diperbaiki sehingga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk lebih paham tentang apa saja ketentuan pada Google Play Store tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi Google Developer Support.

 

 

sumber: Android Authority

About The Author

Buricak Burinyai 60
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel