1

Mau Smartphone Bermerek Terbaru? Cek HTC One X9 ini

16 Nov 2015 16:31 1665 Hits 0 Comments
Diam-diam HTC One X9 telah lulus sertifikasi di China.

Di tengah persaingan keras dan sengit di dunia smartphone, HTC yang merupakan salah satu vendor ternama asal China telah mempersiapkan smartphone terbarunya dengan nama HTC One X9.

Sebelumnya, kabar burung tentang smartphone ini telah beredar selama beberapa bulan di kalangan para netizen, khususnya para penggila gadget atau yang kita biasa sebut gadgets enthusiasts.

Kehadiran smartphone ini sudah dapat dipastikan 100 persen karena badan sertifikasi peralatan telekomunikasi di China yang bernama TENAA telah meloloskan HTC One X9 sebagai salah satu smartphone yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Dalam sertifikat kelolosan tersebut, spesifikasi untuk smartphone ini juga telah diperlihatkan. Tidak ketinggalan, empat buah gambar penampakan smartphone ini pun terlampir dalam sertifikat tersebut. Dan jika Anda pernah melihat gambar bocoran yang pernah muncul beberapa bulan lalu, gambar bocoran tersebut adalah gambar asli dari smartphone HTC One X9 ini.

HTC One X9 adalah sebuah smartphone dengan ukuran yang cukup besar, yakni dengan panjang 153.2mm, lebar 75.9mm dan ketebalan 7.99mm. Untuk beratnya sendiri, smartphone ini mungkin bisa dibilang cukup berat dengan bobotnya yang mencapai 174 gram. Hal ini mungkin dikarenakan sebagian body dari smartphone ini terbuat dari bahan besi.

Walaupun smartphone ini memiliki layar IPS dengan besar 5.5 inch dan resolusi full HD (1080p), smartphone HTC One X9 ini adalah smartphone yang target pasarnya berada di mid-range. Atau dengan kata lain, smartphone ini bukanlah smartphone kelas tinggi, flagship ataupun high-end.

Jika disamakan dengan salah satu brand smartphone asal China lainnya, HTC One X9 ini bisa disandingkan dengan Meizu M2 Note yang juga merupakan smartphone dengan target pasar kelas menengah terlepas dari desainnya yang sama dengan smartphone flagship-nya.

Smartphone ini dikatakan menyasar kelas menengah karena smartphone ini ditenagai oleh chipset octa-core @2.2GHz dengan pembuatnya sendiri masih belum diketahui. RAM dengan kapasitas 2GB pada smartphone ini juga sudah cukup besar dan memang pas jika targetnya adalah kelas menengah.

Bagi mereka pecinta fotografi, smartphone HTC One X9 ini sudah dilengkapi dengan dua buah kamera, yaitu di bagian belakang dengan kamera 13MP dan lampu flash sebanyak dua buah untuk memastikan foto yang diambil pada malam hari memiliki pencahayaan yang cukup. Pada bagian depan, terdapat sebuah kamera 5MP yang fungsinya adalah untuk mendukung kegiatan selfie para profesional selfie diluar sana.

Tidak lengkap sepertinya jika sebuah smartphone kelas menengah tidak memiliki memori internal di atas 8GB. Apalagi sekarang standar tersebut mungkin sudah meningkat menjadi 16GB. Pada One X9 ini, ruang penyimpanan internal yang digunakan adalah 16GB yang, tentunya, sudah mendukung penggunaan memori micro SD.

Sistem operasi adalah salah satu faktor yang menentukan bagi seseorang untuk membeli sebuah smartphone. Karena dengan sistem operasi yang up-to-date sebuah smartphone dapat dikatakan mengikuti perkembangan zaman. Selain sistem operasi, sebuah smartphone tidak dapat dikatakan up-to-date jika koneksinya sendiri masih 3G. Dan pada smartphone HTC One X9 ini, konektivitasnya sudah mendukung 4G LTE.

Pada smartphone HTC One X9, sistem operasi yang digunakan mungkin bukanlah yang terbaru, melainkan Lollipop 5.0.2 yang mungkin ke depannya bisa di-upgrade ke Lollipop 5.1 atau bahkan ke Android 6.0 (Marshmallow).

Jika ada diantara Anda yang ingin meminang smartphone ini, sepertinya Anda tidak harus menunggu lama-lama. Karena smartphone ini dikabarkan akan segera dirilis di awal tahun 2016 ini, tepatnya beberapa bulan sebelum perilisan HTC One M10 yang juga adalah smartphone flagship terbaru dari HTC.

“Harganya berapa?” adalah sebuah pertanyaan yang pasti ditanyakan oleh setiap para calon buyer yang berminat untuk membeli smartphone ini. Tapi sayangnya, hingga saat berita ini ditulis harga untuk smartphone ini masih belum diumumkan.

 

 

image: TENAA

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel