1

Tak Rela Data Game Terhapus, Hal Mengejutkan Dilakukan Gamer ini

12 Nov 2015 10:00 3497 Hits 1 Comments
Inilah gamer kelas berat yang sangat langka kita jumpai.

Sebuah game dengan judul Umihara Kawase pernah dirilis untuk platform Nintendo Super Famicom di Jepang, atau lebih dikenal dengan Super NES di wilayah barat. Konsol ini dirilis pada bulan Desember tahun 1994 dimana jika kita hitung, umur dari konsol ini sudah lebih dari 20 tahun lamanya.

Game Umihara Kawase adalah sebuah game populer pada waktu itu. Berkat kepopulerannya, game tersebut hingga dapat kita temui di berbagai konsol lainnya selain Nintendo.

Banyak para fans berat dari game ini mengabadikan game yang dulunya pernah menghibur mereka dengan cara memasukkannya ke lemari kaca untuk dikoleksi. Namun ada juga mereka yang tidak rela data yang telah mereka save dalam kaset tersebut hilang sehingga melakukan hal yang mungkin cukup mengejutkan bagi kita.

Satu kelemahan pada kaset game dari Super NES tempat dimana para pemilik men-save data game mereka adalah kaset tersebut memiliki umur paling lama 10 tahun. Artinya, setelah lewat dari 10 tahun, save data dari kaset tersebut akan hilang. Hal ini dikarenakan pada kaset game tersebut menggunakan Static RAM yang hanya dapat bertahan selama baterainya masih menyalurkan daya terhadap Static RAM tersebut.

Seperti yang sudah dikatakan di atas, mungkin sebagian orang tidak perduli tentang data yang ada pada game tersebut selama fisiknya masih bagus dan masih indah untuk dipajang. Tapi ada seorang fans berat dari Umihara Kawase ini yang tidak rela jika data yang ia telah simpan itu hilang.

Yang mengejutkan, untuk menghindari kehilangan data yang ia simpan dalam kaset tersebut, fans berat dari seri game Umihara Kawase ini sampai menyalakan konsol Nintendo-nya selama 20 tahun. Atau jika dikonversikan ke dalam hitungan jam, konsol Nintendo miliknya ini sudah beroperasi selama 180,000 jam.

Mungkin kebanyakan dari kita yang juga seorang gamer, tidak berpikir sejauh itu hanya demi sebuah game. Namun, gamer yang namanya tidak ingin dipublikasikan ini sampai berpikir sejauh itu hanya untuk sebuah game.

Namun, jika fans berat dari game Umihara Kawase tersebut ingin bersusah payah sedikit, sebenarnya ada cara untuk mempertahankan save data tanpa harus kasetnya selalu terpasang pada Nintendo yang terhubung ke arus listrik; yaitu dengan cara mengganti baterai pada kaset tersebut dengan menggunakan teknik yang disebut “hot swapping.”

 

sumber: ITmedia

Tags Berita Games

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel