Catatan Jelang Seri MotoGP Pamungkas

6 Nov 2015 07:56 1180 Hits 0 Comments
Seri pamungkas MotoGP, duel duo Yamaha.

Catatan Jelang Seri MotoGP Pamungkas

MotoGP akan segera memasuki putaran terakhir minggu ini, tepatnya di sirkuit Valencia Spanyol. Nama dua pembalap besar Yamaha, akan menjadi perebut gelar titel juara musim di seri Spanyol kali ini.

Rossi dan Lorenzo, kedua pembalap andalan Yamaha akan berpacu untuk menjadi yang terbaik, Rossi diuntungkan dengan keunggulan tujuh poin dari Lorenzo, namun karena kejadian Sepang Clash memaksa Rossi harus start dari posisi paling buncit.

Rossi dihukum start dari posisi paling belakang, dikarenakan dari hasil investigasi Rossi melakukan reaksi yang berlebihan, yaitu indikasi gerakan kaki yang mirip tendangan hingga membuat Marc Marquez terjatuh.

Usaha Rossi untuk mengajukan banding terkait hukumannya sudah terbilang maksimal, mulai dari FIM hingga badan arbitrase olahraga (CAS), tidak bisa merubah apa yang sudah diputuskan oleh Race Direction.

Kembali memanasnya hubungan Rossi dan Lorenzo, membuat kubu Yamaha berang. Dalam insiden Sepang, Lorenzo sendiri sempat berujar bahwa hukuman yang diterima Rossi masih terlalu ringan. Tidak sampai disitu, Lorenzo juga ikut ambil bagian dalam proses banding Rossi ke badan arbitrase olahraga internasional. Isu tidak sedap memunculkan kalau Lorenzo berpeluang tidak lagi membalap untuk Yamaha musim depan.

Bola panas persaingan MotoGP sebenarnya sudah mulai mengelinding sejak seri Philip Island Australia, selepas seri Philip Island, Rossi menuduh Marquez bermain-main dengan kecepatan motornya dengan mengatur jalannya balap. Marquez ditengarai telah membantu Lorenzo dalam usahanya untuk merebut titel juara. Sementara baik dari Lorenzo maupun Marquez menolak tuduhan dari Rossi.

Sesi jumpa pers jelang MotoGP Sepang kembali memanas, Rossi kembali menegaskan bahwa Marquez turut ambil bagian dalam membantu Lorenzo untuk meraih gelar musim ini. Hal itu juga diamini oleh Andrea Ianone, pembalap asal pabrikan Ducati.

Puncak dari perseteruan tersebut terjadi di lap tujuh tikungan 14, insiden kontroversial Rossi kontra Marquez, yang memaksa Rossi mendapat hukuman dari Race direction penalti tiga poin, Rossi harus start dari posisi paling belakang. Hal itu praktis membuat peluang Rossi mempertahankan gelar musim ini hilang, jatuh ke tangan Lorenzo.

Sirkuit Valencia dikenal kurang cocok dengan Rossi maupun Yamaha, melihat track record beberapa musim yang lalu. Lorenzo lebih cocok dengan sirkuit Valencia, yang merupakan sirkuit kandang baginya.

MotoGP Valencia akan dimulai hari ini dengan latihan bebas pertama, kemudian dilanjutkan esok untuk latihan bebas dan kualifikasi dan ditutup dengan race di hari Minggu sore (waktu Indonesia). Bagi anda penggemar MotoGP, jangan lewatkan seri MotoGP pamungkas di akhir pekan ini.

Tags Otomotif

About The Author

wan 63
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel