Ini Dia Pemenang Internet of Things Competition Compfest7!

19 Oct 2015 18:00 1294 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Para juara di event  kompetisi IT CompFest7

CompFest7, Depok - Pada Minggu (4/10) seluruh finalis competition dan peserta academy Compfest7 berkumpul dalam acara Awarding Session.

 

Dalam acara tersebut, diumumkan seluruh pemenang kompetisi IT CompFest7, salah satunya yaitu Internet of Things (IoT) Competition.

 

Pemenang dari kompetisi ini terdiri atas juara pertama, kedua, dan juga juara untuk kategori Health and Sanitation, Transportation and Public Facility, dan Disaster.

 

Juara pertama diraih oleh TimIOT-JTK1 dengan produknya yakni Angkot Tracer.

 

Aplikasi ini berguna untuk pengguna angkot terutama untuk mengetahui berapa penumpang yang ada di angkot. Tak hanya itu, aplikasi ini dapat berguna pula bagi pemerintah untuk memonitoring kondisi dan banyaknya angkot di kota tersebut.

Mereka berkata bahwa selain meningkatkan mobilitas dan transportasi, ini juga salah satu upaya terciptanya kota pintar atau smart city di Indonesia. Saat ditanya mengenai kesan pesan, mereka mengaku speechless telah meraih juara pertama.

 

Meskipun ini bukan kompetisi IT pertama mereka, mereka berkata IoT Competition Compfest7 ini cukup berkesan untuk mereka. "Semoga dengan ini, aplikasi yang kami rancang dapat lebih berkembang dan diimplementasikan untuk keperluan bangsa," ujar TimIOT-JTK1.

Sementara itu juara kedua diraih oleh Tim Lazarus dengan produknya yakni Selokan Monitoring System.

Aplikasi ini berguna untuk memonitoring kondisi pembuangan air yang ada di sekitar, supaya pihak berwenang dapat mengetahui dan segera mengatasi apabila terdapat masalah.

Tak hanya itu, masyarakat pun diharap dapat meningkatkan awareness terhadap masalah sanitasi. "Manfaatkan waktu selagi muda untuk berkarya," pesan tim Lazarus untuk muda-mudi bangsa Indonesia.

Setelah mengikuti IoT Competition Compfest7, kedua tim mengaku mendapat banyak insight juga ide-ide baru untuk kedepannya.

Mereka pun mendapat banyak masukan dari juri. "Juri tidak hanya melakukan justifikasi, tetapi juga memberi saran-saran apa yang masih kurang atau perlu diperbaki lagi," ujar mereka.

Saat ditanya mengenai pengalaman unik selama proses kompetisi berlangsung, kedua tim sama-sama menjawab produk yang akan mereka demo kan di depan juri pada hari penjurian sempat tidak berjalan. Tetapi untungnya, semua tertangani dengan baik.

Selain juara satu dan dua, adapula juara untuk tiga kategori.

Kategori Health and Sanitation diperoleh oleh tim Lazarus dengan Selokan Monitoring System-nya.

Sementara untuk kategori Transportation and Public Facility diraih oleh TimIOT-JTK1 dengan Angkot Tracer-nya.

Untuk kategori ketiga, yaitu BPBD Disaster Solver Award jatuh kepada tim COMNET ASSISTANT dengan karyanya, Link'a Flood Detector.

Kami ucapkan selamat untuk para pemenang IoT Competition Compfest7 tahun ini! Semoga gelar juara yang kalian peroleh dapat terus memotivasi kalian untuk terus berkarya untuk Indonesia yang lebih baik.

Pantau terus linimasa kami di Twitter @CompFest, Facebook CompFest, dan situs utama kami di compfest.web.id untuk info lebih lanjut mengenai CompFest7. (Alisha/Press CompFest7)

About The Author

Plimbi Editor 500
Stylus

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel