Facebook Siap Terjun ke Dunia Ecommerce

13 Oct 2015 09:23 2357 Hits 0 Comments
Katanya ingin bersaing dengan Amazon

Jika sebelumnya ada kabar tentang Facebook yang akan mengimplementasikan tombol “dislike” dan kabar lainnya tentang berbagai tambahan tombol selain tombol “like”, kini kabar lain yang cukup mengejutkan datang lagi dari Facebook.

Facebook, demi memperluas usahanya, berencana untuk mengembangkan sayapnya ke bidang e-commerce dan berkompetisi dengan situs e-commerce lain seperti Amazon.

Pada hari senin kemarin, Facebook mengumumkan bahwa pihaknya sedang menguji beberapa fitur iklan yang memungkinkan para penggunanya untuk berbelanja langsung lewat aplikasi Facebook.

Tujuan dari Facebook sendiri dengan melangkah ke dunia e-commerce, pihaknya berharap untuk dapat membantu orang-orang yang memang sedang mencari barang-barang tertentu dalam waktu yang cepat. Selain itu, dengan Facebook memasuki dunia e-commerce, mereka juga berharap akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi, khususnya pendapatan dari iklan-iklan yang mengiklankan atau mempromosikan toko mereka lewat Facebook nantinya.

Salah satu fitur lainnya adalah iklan yang fungsinya adalah untuk mengantarkan seorang pengguna Facebook ke sebuah halaman dengan produk bermerek yang pengguna tersebut inginkan tanpa harus penggunanya meninggalkan Facebook dan membuka situs lain.

Sebagai contoh, seorang pengguna yang ingin mencari sebuah sepatu dengan merek XYZ akan dapat mencari toko yang menjualnya di Facebook dengan mengklik pada iklan sepatu yang ada di Facebook.

Ketika di klik iklan tersebut akan memperlihatkan berbagai jenis sepatu yang mungkin diinginkan oleh pengguna tersebut. Dan tanpa harus meninggalkan Facebook, pengguna juga dapat langsung membeli produk yang diinginkan dengan menekan tombol “buy now”.

Dengan kata lain, para seller yang memiliki situs dagangan sendiri, nantinya akan dapat memasang situs tersebut pada Facebook.

Pihak Facebook juga menyatakan bahwa dari jumlah pengguna Facebook yang mencapai 1.5 milyar orang, di setiap aplikasi Facebook yang tertanam di smartphone dan komputernya masing-masing akan diimplementasikan juga sebuah aplikasi yang nantinya akan langsung mengantarkan pengguna Facebook ke sebuah halaman berbelanja dimana mereka nantinya akan dapat mencari produk spesifik yang diinginkan.

Menurut Catherine Boyle yang merupakan seorang peneliti di dunia eMarketer, langkah Facebook untuk masuk dunia e-commerce ini sangatlah menjanjikan baik bagi Facebook sendiri ataupun bagi para penjual dan pembeli.

 

via reuters

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel