Tumbangnya Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun

8 Oct 2015 19:57 3678 Hits 0 Comments
Tumbangnya Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun

Alun – alun Kabuoaten Batang Jawa tengah mendadak ramai menjadi pusat tontonan kejadian langka yaitu roboh nya pohon beringin berumur ratusan tahun yang menjadi icon kota tersebut. Pohon Beringin yang sudah ada sejak ratusan tahun silam itu roboh menjadi dua atau terbelah menjadi dua, ini fenomena yang langka karena terbelah nya pohon tersebut tanpa ada nya angin uang bertiup kencang ataupun badai, pohon ini secara tiba-tiba roboh terbelah menjadi dua.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa ataupun korban luka, namun sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Batang belum berencana mengevakuasi pohon tersebut di karenakan harus ada ritual terlebih dahulu sebelum pohon tersebut di tebang.

Pohon beringin tersebut sudah ada di alaun alun batang sejang sebelum zaman penjajahan, dan banyak mitos yang berkembang tentang pohon beringin tersebut.

Salah satu mitos nya yaitu ada nya acara kliwonan di alun alun batang setiap malam jum’at kliwon, dan apabila acar tersebut tidak di adakan maka akan ada musibah atau pohon beringin tersebut akan marah.

Pernah pada suatu ketika acara kliwonan tidak diadakan, selang beberapa hari tepat di pohon beringin itu berdiri terjadi letusan yang sangat keras suara nya, namun tidak ada kerusakan dan tidak ada bekas letusan di sekitar pohon tersebut, warga menganggap itu adalah kemarahan pohon tua itu karena acara kliwonan tidak diadakan.

Sampai saat ini acara kliwonan tetap selalu berlangsung dan tidak ada yang berani memindahkan acara tersebut ke tempat lain.

Dengan kejadian ini banyak yang berpendapat bahwa ini sebagai petanda agar warga batang waspada karena di batang saat ini terjadi bebrapa masalah, salah satu nya sengketa pendirian PLTU di daerah utara Kabupaten Batang, PLTU akan berdampak pada kelangsungan hidup para nelayan batang, namun pemerintah batang dan pemerintah pusat sudah menandatangani kontrak dengan pihak asing mengenai pembangunan PLTU tersebut.

Di yakini oleh warga batang bahwa proyek PLTU akan menjadi masalah besar jika di lanjutkan bahkan berpotensi menjadikan batang akan terbelah menjadi dua ataupun jawa akan terbelah.

Dengan kondisi pemerintaha yang sekarang ini banyak spekulasi berkembang tentang akan ada nya perpecahan di negeri ini, bukan hanya di batang dan di tanah jawa, Indonesia saat ini berpotensi untuk terpecah pecah dengan ada nya pemerintahan yang kacau balau seperti saat ini.

Tags

About The Author

robby 35
Ordinary

robby

opo wae sing ono ing alam iki sejatine iku ilmu

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel