Dampak Gadget Pada Anak Anak

6 Oct 2015 12:46 2171 Hits 0 Comments
Dampak Gadget Pada Anak Anak

Di zaman yang serba modern dan canggih ini mempengaruhi kehidupan manusia. Teknologi diberikan untuk memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan aktivitas sehari – harinya. Salah satu teknologi yang semakin berkembang ialah gadget. Tablet serta smartphone merupakan gadget yang paling banyak dijumpai dan digunakan oleh banyak orang karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana – mana.

Pada zaman dulu gadget hanya dimiliki oleh para pebisnis dan dari kalangan menengah tasa saja, namun sekarang gadget bukan hanya dipakai oleh mereka saja, banyak anak – anak yang sudah menggunakannya sebab hargayang ditawarkan pun kini semakin murah sehingga para produsen gadget berlomba – lomba mencipatkan gadget yang canggih dengan harga yang terjangkau.

Dalam gadget banyak fitur menarik sehingga anak akan suka memainkannya. Tak perlu cemas jika anak suka bermain game, asalkan anda sebagai orang tua menerapkan aturan sejak dini dan memberikan perlakukan pada gadget sebagai alternatif sarana pembelajaran yang berbeda. Akan tetapi peran orang tua sangat penting dalam perkembangan teknologi, sebab gadget tidak ahnay menimbulkan efek positif namun juga menimbulkan efek negatif.

Berikut beberapa dampak perkembangan gadget pada anak diantaranya:

Dampak negatif yang bisa langsung terjadi akibat pengaruh gadget:

§  Kemjuan teknologi akan membuat potensi anak cepat puas dengan pengetahuan yang diperolehnya sehingga apa yang ditemukan di internet merupakan pengetahuan yang paling lengkap dan terakhir.

§  Banyak kemudahan yang diperoleh dari kemajuan teknologi, sehingga generasi mendatang berpotensi tidak tahan akan kesulitan yang datang.

§  Dengan kemajuan teknologi bisa membuat anak menjalin persahabatan yang dangkal.

§  Terjadinya penurunan konsentrasi.

§  Mengurangi dalam menganalisa permasalahan.

§  Malas membaca dan menulis.

§  Penurunan dalam bersosialisasi.

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan anak dengan apa yang kita berikan padanya, kita harus bisa mengenalkan teknologi di usia yang tepat, sebabjika tidak efeknya akan berpengaruh pada kehidupan mereka nantinya.

Disamping dampak negatif tentunya juga ada dampak positifnya, berikut dampak positif akibat perkembangan gadget pada anak:

1.     Membantu perkembangan fungsi adaptif pada anak. hal ini berarti kemampuan seseorang untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya serta perkembangan zaman. Jika perkembangan zaman sekarang inimuncul gadget maka anak pun juga harustahu bagaimana cara menggunakannya agar tidak ketinggalan zaman.

2.     Menambah pengetahuan. Dengan teknologi yang canggih anak akan bisa menemukan informasi atau tugas dari sekolah dengan sangta mudah.

3.     Memperluas jaringan persahabatan. Dengan adanya sosial media, anak bisa memperluas persahabatn sebab dengan mudah dan cepat mereka akan menemukan teman mereka di sosial media.

4.     Memudahkan komunikasi. Gadget yang merupakan teknologi canggih, sehingga bukan hanya anak saja namun semua orang bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan sangat mudah.

5.     Membangun kreatifitas anak.

 

Tags

About The Author

robby 35
Ordinary

robby

opo wae sing ono ing alam iki sejatine iku ilmu

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel