Google Hadirkan Akses Youtube Berbayar

27 Sep 2015 17:04 2694 Hits 0 Comments
Hah, mengakses Youtube kini berbayar? 


Mulai Oktober 2015 ini, Google selaku pemiliki situs video Youtube, menghadirkan kebijakan untuk mengakses Youtube secara berbayar. Ini artinya, akses layanan Youtube tidak lagi gratis tetapi harus berbayar menggunakan sistem langganan. 

Dikutip dari Metrotvnews (27/09/2015),  Google akan menghadirkan Youtube dengan sistem berlangganan sebesar5 $10 atau sekitar Rp140 ribu rupiah. Harga yang terjangkau sebenarnya karena dengan harga tersebut, Anda selaku pengguna Youtube dapat mengakses banyak video di Youtube tanpa disusupi iklan. 

Yah, benar. 

Bagi Anda yang senang menonton Youtube, tentunya tahu ketika membuka video di Youtube, Anda akan melihat iklan. Iklan itu biasanya muncul pada awal bagian ataupun pada tengah-tengah video. Anda pun sering melihat iklan Youtube yang muncul dalam bentuk banner. 

Tentunya dengan kehadiran Youtube berbayar ini, Anda tidak perlu melihat iklan lagi. Anda pun bisa lebih nyaman menikmati konten Youtube tanpa disisipi iklan. 


Apa ini berarti akses Youtube tidak akan gratis lagi? 

Tenang saja, Anda  masih bisa akes Youtube dan menikmati video-video yang  ada di Youtube. Hanya saja, tentu Anda tetap akan melihat iklan. 

Mengapa harus ada iklan?  Well, iklan ini merupakan salah satu pemasukan Youtube yang membagikan pendapatannya dengan para pemilik konten. Jadi, wajar jika Anda melihat iklan di Youtube. 

Untuk diketahui, layanan Youtube berbayar ini akan dilengkapi dengan fitur music key. Selain itu, ada layanan akses Youtube secara offline, playback background, dan masih banyak yang lainnya. 

Youtube sudah memberikan e-mail kepada para pemilik konten untuk menyetujui syarat versi bebas iklan yang akan dimulai pada 22 Oktober 2015. 

Bagi saya sendiri, kehadiran situs Youtube berbayar ini merupakan suatu langkah yang bagus. Apalagi sekarang banyak karya terbaik mejeng di Youtube. Dan sudah sepantasnya karya-karya tersebut mendapatkan apresiasi dengan cara monetasi berbayar. 

Sayangnya, belum ada kejelasan tentang sistem seperti apa yang akan digunakan oleh Youtube untuk layanan berbayar ini. Apakah mungkin nantinya akan ada video eksklusif yang tidak muncul di versi gratisnya?

Atau bisa jadi Youtube bakal mirip dengan Netflixx, layanan video online  berbayar yang menghadirkan acara dari jaringan televisi terkemuka. 

Tapi, tampaknya Youtube tidak akan seperti Netflixx. Hal ini karena banyak jaringan televisi yang memakai Youtube sebagai media promosi saja dan bukan menghadirkan konten utama. 

Well, mari tunggu saja kehadiran Youtube berbayar ini. 

Tags

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel