Ini Dia, Orang Nomer Satu Google Asal India

11 Aug 2015 08:34 3342 Hits 0 Comments
Sundar Pichai, CEO baru Google.

(Sundar Pichai, CEO baru Google)

Google baru saja mengumumkan pemimpin tertinggi mereka, yang sebelumnya dipegang oleh Larry Page. Adalah Sunda Pichai, yang sekarang ini dipercaya untuk menjabat posisi CEO Google. Sundar Pichai sendiri sebenarnya bukan orang baru di Google, sebelumnya Pichai sudah menjabat sebagai Senior Vice President di Google yang menangani bisnis Android, Chrome serta Google Apps.

Sebelum menjabat sebagai CEO, Sundar Pichai memang sudah sering muncul dalam gelaran even Google saat mempresentasikan produk-produk baru Google.

Sundar Pichai adalah anak seorang karyawan perusahaan listrik dari Inggris yang beroperasi di India, Genereal Electric Company. Ayah Sundar Pichai, yang bernama Regunatha Pichai lah yang mengenalkan Sundar dengan teknologi sehingga membuat Sundar jatuh hati dengan bidang tersebut.

"Aku sering bicara padanya soal pekerjaanku dan tantangannya. Bahkan saat masih berusia muda, dia sudah ingin tahu soal pekerjaanku. Kupikir, hal itu membuatnya tertarik pada teknologi," kata Ayah Sundar melalui media Engadget.

Sundar Pichai mendapat gelar sarjana di Indian Institute of Technology, gelar master dari Standford dan gelar MBA dari University of Pennsylvania. Dia mulai bergabung dengan Google tahun 2004 dan menjabat sebagai pimpinan manajemen produk software google.

Tahun 2014, Sundar Pichai dipercaya untuk menggantikan Andy Rubin, yaitu sebagai Senior Vice President, yang menangani Android, Chrome, dan Google Apps.

Larry Page, CEO Google sebelum Sundar Pichai memberikan komentar terkait pengangkatan Sundar, "Pichai sering mengemukakan hal yang terpikir oleh saya, dan malah seringkali pemikirannya lebih baik. Saya sangat menikmati bekerja tim dengannya,"

"Karirnya berkembang pesat sejak Oktober tahun lalu, ketika dia memegang tanggung jawab untuk bisnis internet. Sergey Brin dan saya sangat gembira melihat perkembangan karirnya dan dedikasinya terhadap perusahaan,"

Ini Dia, Orang Nomer Satu Google Asal India

(Satya Nadella, CEO Microsoft)

Dengan Sundar Pichai dipilih sebagai CEO Google, saat ini sudah melengkapi jajaran keturunan warga Negara India yang berhasil menduduki posisi penting di perusahaan industri teknologi. Satya Nadella yang menjabat sebagai CEO Microsoft, adalah juga seorang warga keturunan India. Satya Nadella ditunjuk sebagai CEO tanggal 4 Februari 2014 menggantikan CEO Microsoft sebelumnya, Steve Ballmer.

Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel