Facebook Ingin Bersaing Dengan Youtube

28 Jul 2015 09:59 2264 Hits 0 Comments
Facebook mendorong penggunya untuk upload video langsung ke Facebook, bukan ke Youtube

Raksasa social media, Facebook, tampaknya tidak hanya ingin menjadi pemain di lahan yang telah membesarkannya tersebut. Facebook tampaknya sedang menjajaki peluang melebarkan sayapnya di segmen lain yaitu berbagi video.

Platform berbagi video saat ini didominasi oleh Youtube, yang menjadi andalan Google untuk menjaring penikmat video sharing.

Seperti yang diberitakan di media Ubergizmo, baru-baru ini facebook memberikan pilihan kepada penggunanya, apabila menginginkan sharing video, pengguna bisa langsung up load video tersebut langsung ke Facebook, tidak ke server Youtube. Inilah pesan yang ingin disampaikan Facebook kepada penggunanya.

Youtube memperoleh penghasilan dengan memasang iklan dalam video yang tayang. Kita sering melihat, sebelum video yang kita inginkan tayang terdapat iklan komersial dari produk yang memasang iklan di youtube. Terkadang iklan juga muncul dari notifikasi yang ada saat video sedang tayang. Inilah mekanisme pendapatan yang didapat Youtube dari iklan yang tayang di video yang kita saksikan.

Berangkat dari hal tersebutlah, Facebook, yang mempunyai pengguna sangat besar, ingin membuat platform berbagi video yang bisa digunakan oleh pengguna Facebook.

Sebelumnya, pengguna diberi link berbagi video lewat youtube, saat ini facebook mendorong penggunanya untuk mengupload videonya langsung ke facebook. Hal ini akan membuat pengguna facebook dapat melacak seberapa banyak pengguna lainnya yang menonton video hasil unggahannya.

Pilihan upload video memang masih tetap berada di tangan pengguna, namun demikian, facebook mengklaim bahwa penggunanya lebih senang apabila videonya langsung di upload ke Facebook bukan ke Youtube.

Facebook melihat potensi yang besar dalam hal sharing video, awal tahun ini facebook mengumumkan bahwa upload video mereka menyediakan fitur “embed” untuk website lainnya.

Persaingan antara Facebook maupun Google memang tidak hanya terjadi kali ini, sebelumnya Google juga menghadirkan  layanan social medianya, Google plus, meskipun tidak sepopuler Facebook. Dengan memasukinya Facebook ke ranah sharing konten video, perusahaan besutan Marck Zuckerburg tersebut ingin berbagi kue sharing video dengan kompetitornya tersebut.

Usaha Facebook dalam menyaingi youtube bisa dibilang memang tidak mudah, namun dengan basis pengguna jaringan social media yang sangat besar, tidak menutup kemungkinan facebook dimasa yang akan datang akan menjadi pesaing serius dari layanan streaming video kepunyaan Google tersebut.

Tags

About The Author

wan 65
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel