BlackBerry Berencana Hadirkan Smartphone OS Android?

12 Jun 2015 15:30 3327 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan produk dengan sistem operasi Android

Sebuah berita mengejutkan datang dari BlackBerry. Perusahaan yang berbasis di Waterloo, Ontario ini sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan produk dengan sistem operasi Android. Tentu kemungkinan besar produk tersebut adalah smartphone alias ponsel cerdas.  Tentunya ini merupakan suatu kabar besar yang cukup mengagetkan.

Dikutip dari situs Reuters (12/6/2015), langkah menghadirkan perangkat Android akan jadi strategi baru bagi BlackBerry untuk bersaing di pasar. Tentunya langkah ini jgua diambil mengingat perkembangan penjualan BlackBerry 10 belum terlalu bagus. Strategi ini juga bisa jadi bagian agar perusahaan yang dulunya bernama RIM tersebut tetap eksis dan tidak mengalami kerugian. Seperti yang diketahui, dulu BlackBerry sempat merajai pasar smartphone. Tapi keadaannya, sekarang BlacBerry hanya mencicipi pangsa pasar sekitar 1% saja.

Seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan jika BlackBerry menerapkan strategi ini sebagai bagian dari fokus perusahaan. Perusahaan tersebut memiliki strategi dalam fokus pengembangan perangkat lunak dan manajemen perangkat.  Tampaknya, BlackBerry ingin mencoba langkah Nokia yang sempat menghadikran Nokia Android. Perangkat Nokia Android cukup menyita perhatian meskipun nasibanya dihentikan lantaran divisi pengembangan pernakgat mobile Nokia dibeli Microsoft.

Lalu, jika BlackBerry menghadirkan perangkat Android, apa yang terjadi dengan BlackBerry OS? Apakah perangkat ini akan dimatikan  mengingat sedikitnya dukungan pengembang pihak ketiga terhadap OS ini belum ? Tentang hal ini, pihak BlackBerry menjelaskan secara rinci. Tetapi tampaknya BlackBerry 10 akan tetap dipertahankan.

Kehadiran BlackBerry dengan OS Android ini semakin kuat tatkala banyak sumber menyatakan bahwa BlackBerry akan menghadikrna perangkat yang disebut slider device dengan sistem Android. Ada juga sumber yang menyebutkan bahwa BlackBerry akan selangkah lebih maju ketika menghadirkan perangkat Android. Langkah yang dimaksud adalah dengan menghadirkan perangkat OS Android yang didalamnya memiliki fitur paten dari BlackBerry 10.  Jika ini benar, maka perangkat BlackBerry Android bisa menarik perhatian karena seperti menggabungkan dua sistem operasi yang berbeda.

Kabar tentang kehadiran perangkat BlackBerry dengan OS Android ini belumlah bisa dipastikan. Tetapi arah menuju hal tersebut tampaknya sangat kuat. Faktor kerugian BlackBerry bisa jadi pemicunya sehingga BlackBerry melakukan strategi dengan mensinergikan perangkat mereka dengan sistem operasi dari pesaing. Mari tunggu saja kabar selanjutnya. [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel