Mengenal Fitur WatchOS 2, Sistem Operasi Khusus Apple Watch

10 Jun 2015 15:45 2167 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
WatchOS 2, sebuah sistem operasi untuk Apple Watch hadir dengan beragam fitur menarik

Bukan Apple namanya kalau tidak menghadirkan layanan baru. Perusahaan ini seolah tidak mau kalah bersaing dengan Google dalam menghadirkan untuk para penggunanya. Persaingan ini tambah sengit lantaran Google menghadirkan iOS 9 dengan kemampuan Siri yang mirip bahkan bisa melebihi kemampuan Google Now. Ada juga sistem operasi Mac, OS X El Capitan yang hadir dengan fitur yang cukup bagus. Tidak ketinggalan, layanan Apple Music juga dihadirkan oleh perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini. 

Tidak hanya sampai disitu saja, Apple juga mengumumkan kehadiran WatchOS 2, sebuah sistem operasi untuk Apple Watch. Sistem operasi ini hadir dengan update terbaru. Fitur-fiturnya diumumkan pada gelaran WWDC 2015, 8-9 Juni 2015. Hari yang sama dengan pengumumuman iOS 9 dan OS X El Capitan. Lantas, apa yang menarik dari watchOS 2? Berikut ulasannya. 

 

  • Foto untuk Wallpaper

WatchOS 2 kini hadir dengan kemampuan untuk memilah foto dalam satu album. Foto-foto yang dipilah tersebut dapat ditentukan untuk dijadikan sebagai wallpaper Apple Watch. Jika pengguna ingin melihat wallpaper tersebut, maka pengguna perlu mengangkat tangan saja. 

 

  • Time Lapse 

Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang ingin melihat berbagai tempat terkenal di dunia selama 24 jam. Tentu saja fitur ini tampak lebih sederhana tetapi cukup berguna. 

 

  • Informasi Aplikasi 

Kelebihan WatchOS 2 adalah kemampuan untuk memberikan informasi terkait aplikasi yang terpasang di iPhone. Misalnya, jika pengguna memasang aplikasi pihak ketiga, maka akan ada informasi perihal aplikasi tersebut via WatchOS 2. 

 

  • Menggambar Sketsa 

WatchOS 2 memiliki kemampuan untuk mengamati kesehatan tubuh dan juga menggambar sketsa. Sketsa yang digambar ini nantinya bisa dikirimkan ke pngguna lain dengan cara yang sangat mudah. 

 

  • Digital Crown

Fitur ini adalah fitur unggulan dari WatchOS 2. Apa yang menarik dari fitur ini? Fitur ini ternyata diperuntukan untuk kaum profesional yang sering meeting. Pasalnya, fitur ini bisa menampilkan informasi terkait jadwal pertemuan para pengguna. Selain itu, fitur ini juga bisa menampilkan informasi suhu udara di suatu tempat.  

 

  • WatchKit

Fitur yang satu ini merupakan sebuah aplikasi khusus. Bukan untuk pengguna, melainkan untuk pengembang yang ingin menciptakan aplikasi khusus untuk WatchOS 2. Pengembang nantinya bisa memanfaatkan fitur didalamnya seperti accelerometer dan Taptic Engine.

Demikianlah penjelasan fitur WatchOS 2, sebuah sistem operasi untuk Apple Watch. Sistem operasi ini sendiri akan hadir sekitar bulan Oktober atau November 2015. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel