Daum Kakao Membeli Path, Aplikasi Jejaring Sosial yang Telah 5 Tahun Hadir

31 May 2015 20:09 1741 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Daum Kakao, perusahaan asal Korea Selatan telah membeli aplikasi jejaring sosial yang cukup populer di Indonesia, Path

Path adalah jejaring sosial  yang sudah  5 tahun berdiri dengan jumlah pengguna mencapai 10 juta. Jejaring sosial berbentuk aplikasi ini memang jadi buah bibir, terutama di Indoensia. Pasalnya, Indonesialah negara yang membuat Path semakin berkembang. Bahkan, netizen yang tidak menggunakan Path dianggap tidak mengikuti perkembangan zaman. 

Banyaknya pengguna Path di Indonesia juga berpengaruh pada berbagai kebijakan Path Contohnya, Path adalah penambahan pertemanan. Path awalnya hanya memungkinkan pengguuna untuk terhubung dengan 150 teman saja. Ini jadi kelebihan Path yang membuatnya tampak menjadi jejaring sosial yang lebih privasi. Tapi, banyaknya pengguna Path di Indonesia serta permintaan untuk menambah jumlah teman membuat Path kemudian mengeluarkan kebijakan baru, penambahan teman sampai 500. 

Langkah mendekati pasar Indonesia tidak terhenti begitu saja. Path lantas membuat kantor perwakilan di Indonesia pada tahun 2014. Ini membuat Path semakin dekat dengan Indonesia. Tapi, hal yang mengejutkan kemudian terjadi pada akhir Mei 2015. Dikutip dari berbagai sumber, Path perlu melakukan langkah baru. Salah satunya adalah dengan membutuhkan lebih banyak sumber daya seperti yang dikatakan Dave Morin, CEO Path. Pernytaan itu keluar setelah Path resmi menjai bagian dari Daum Kakao. 

Cukup akrab dengan Daum Kakao? Bila belum tahu, Daum adalah perusahaan internet dari Korea Selatan yang memiliki berbagai layanan. Mulai dari layanan e-mail, mesin pencarian, dan juga layanan aplikasi yang cukup terkenal, Kakao Talk. Perusahaan tersebut membeli layanan jejaring sosial Path dan juga aplikasi chat terpisahnya, Path Talk. 

Entah apa yang menyebabkan Path dijual ke perusahaan Korea Selatan. Tapi, dugaan kuat adalah karena Path tidak berkembang secara global dan hanya berkembang di kawasan Asia, terutama di Indonesia. Aplikasi yang mempunya fitur membuat GIF ini memang hanya terkenal di beberapa negara Asia. Karena itulah, langkah dijualnya Path ke Daum Kakao merupakan hal yang tepat karena Daum Kakao memang perusahaan yang cukup kuat di Asia. 

Lantas, apakah penjualan Path ke Daum Kakao ini sekaligus membuat timnya bergabung? Ternyata, tim pembuat Path hanya menjual layanannya saja. Tim pembuatnya tidak ikut terlibat dan lebih fokus membuat layanan lain yang diharapkan akan menyaingi kesuksesa Path. [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel