Apple iCloud vs Google vs Amazon Cloud Drive vs Windows Live SkyDrive vs Dropbox

24 Jun 2011 15:14 5719 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada artikel kali ini Paseban akan membahas media penyimpanan Cloud yang sedang *booming* saat ini. Paseban ingin membandingkan 5 layanan media penyimpanan Cloud dari perusahaan bidang teknologi terbesar. Apple iCloud vs Google vs Amazon Cloud Drive vs Windows Live SkyDrive vs Dropbox.

Setelah membahas tentang apa Cloud itu, pada artikel kali ini Paseban akan membahas media penyimpanan Cloud yang sedang booming saat ini. Paseban ingin membandingkan 5 layanan media penyimpanan Cloud dari perusahaan bidang teknologi terbesar. Apple iCloud vs Google vs Amazon Cloud Drive vs Windows Live SkyDrive vs Dropbox.

Space

Kategori yang tepat untuk memulai perbandingan, tentu saja, adalah maksimal kapasitas penyimpanan. Berikut list top five berdasarkan layanan media penyimpanan terbesar.

1st: Google, hingga 16TB, 20.000 lagu
2nd: Amazon Cloud Drive, 5 hingga 1,000GB
3rd: Apple iCloud, lebih dari 5GB, lebih dari 25.000 songs
3rd: Dropbox, 100GB
5th: Microsoft Live SkyDrive, 25GB

File types

1st: Amazon Cloud Drive, Anything. Dropbox, Anything
2nd: SkyDrive, Anything
3rd: Google, Anything
4th: Apple iCloud, Anything

Adapun kategori apa yang diperbolehkan untuk dimasukkan ke dalam ruang penyimpanan Cloud Anda, Amazon Cloud Drive dan Dropbox yang menang telak. Apa pun yang digital dapat di-upload, tidak peduli apa jenis file dan berapa ukuran file. Secara teknis Anda dapat meng-upload file apapun pada Google dan Apple iCloud. Hanya saja dalam hal dukungan format file audio, video, dan gambar, keduanya memiliki keterbatasan yang berbeda. Sedangkan Skydrive memiliki batasan 50MB per-file yang di-upload.

Ease of use

1st: Apple iCloud, Falling off a log
2nd: Dropbox, Genius.
3rd: Amazon Cloud Drive, Slow but manageable.
4th: SkyDrive, Slowish but pretty.
5th: Google, Diffuse and slow.

Apple membutuhkan beberapa waktu mengeluarkan iCloud miliknya. Tetapi proses menunggu pengguna perangkat IOS dan Mac terbayarkan dengan hadirnya iCloud dengan sistem pengoperasian paling sederhana diantara yang lainnya. Semua file pengguna berada di satu tempat dan tidak ada kebutuhan untuk memanajemen sama sekali. Konsep Dropbox "magic pocket" mungkin tidak sesederhana iCloud, tetapi Dropbox hampir sama dengan iCloud dalam hal kemudahan penggunaan.

Yang menjadi kekurangan pada Amazon Cloud Drive adalah dibutuhkannya klien desktop tambahan yang membebani ruang hardisk komputer Anda. Microsoft Skydrive memiliki isu yang sama dengan Amazon Cloud Drive. Hanya saja Skydrive memiliki tampilan yang lebih menarik. Manajemen file langsung dari situs atau menggunakan desktop klien tambahan, Silverlight, keduanya memiliki tampilan yang bagus.

Google menduduki posisi paling bontot karena manajemen file tidak bisa dilakukan dari satu tempat. Untuk meng-upload foto dan video Anda memerlukan Picasa, untuk musik Anda membutuhkan Music Beta, untuk dokumen Anda harus menggunakan Google Docs.

Devices

Berikut perangkat yang didukung oleh masing-masing media penyimpanan Cloud

1st: Dropbox, Any, lots of clients.
2nd: Google, Any, some clients
3rd: Cloud Drive, Android, PC, Mac & any Flash device
4th: Apple icloud, PC, Mac & iOS
5th: skydrive, PC & Mac & Windows Phone 7

Music

Datangnya media penyimpanan Cloud yang dilengkapi dengan layanan pemutar lagu bisa menjadi salah satu kategori yang layak untuk dibandingkan.

1st: Apple iCloud, Your library + 18 million to buy
2nd: Amazon Cloud, Your library + 15 million to buy
3rd: Google, Your library only
Dropbox, None
SkyDrive, None

Apple dengan iTunes nya, tidak diragukan lagi, menjadi nomor satu dalam kategori ini. Amazon Cloud memiliki kemampuan hampir sama dengan Apple iCoud, hanya saja pemutar musik milik Amazon memiliki kelemahan yaitu hanya bisa digunakan pada perangkat Android dan laptop, Anda harus meng-upload lagu secara manual, dan kualitas lagu sesuai dengan file yang Anda upload. Dalam hal kualitas lagu, apabila Anda meng-upload mp3 berkualitas 320kbps atau 128kbps, file akan tetap memiliki kualitas tersebut pada pemutar lagu Amazon. Berbeda dengan iTunes yang semua file akan diset pada standar 256kbps.

Music Beta dalam kategori ini menduduki tempat terakhir karena pemutar lagu tidak terhubung secara langsung dengan toko musik online-nya. Sementara Dropbox dan Skydrive tidak memiliki pemutar lagu yang mendukung media penyimpanan online mereka.

Offline

Music Streaming dan Online File Access merupakan ide yang menarik, tetapi bagaimana apabila tiba-tiba, karena suatu hal tertentu, Anda tidak bisa menggunakan jaringan internet. Berikut ini adalah kategori apakah media penyimpanan Cloud mendukung offline atau tidak.

1st: Dropbox, Yes
2nd: Apple iCloud, Yes
3rd: Google, Yes and No
4th: Cloud Drive, No
5th: SkyDrive, No

Cost

Berikut adalah biaya masing-masing layanan:

1st: google, Free (for now), then $0.25/GB
2nd: skydrive, Free to 25GB
3rd: Amazon Cloud, Free up to 5GB, then $1/GB
4th: Apple iCloud, Free (except iTunes match)
5th: Dropbox, Free up to 2GB, then $2/GB

Demikianlah detail 5 layanan media penyimpanan Cloud yang paling terkenal dan dimiliki oleh 5 perusahaan bidang teknologi ternama. Yang manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel