1

"Plankton"

22 Jun 2011 14:03 3092 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google Market kembali diserang oleh *malware*. Xuxian Jiang, asisten professor jurusan Computer Science dari North Carolina State University, sebagai orang pertama yang menemukan dan melaporkan adanya *malware* ini. Dan pada 5 Juni lalu Google menghapus 10 aplikasi yang mengandung *malware* berdasarkan laporan Jiang tersebut.

Google Market kembali diserang oleh malware. Xuxian Jiang, asisten professor jurusan Computer Science dari North Carolina State University, sebagai orang pertama yang menemukan dan melaporkan adanya malware ini. Dan pada 5 Juni lalu Google menghapus 10 aplikasi yang mengandung malware berdasarkan laporan Jiang tersebut.

Dalam Analisa yang dibuat oleh Jiang, dia melaporkan adanya malware bernama "Plankton" yang beredar di Google Market terselubung dalam bentuk aplikasi. Malware ini tidak menyerang kelemahan Android phone yang telah di "root", atau mengambil alih sepenuhnya kontrol Android phone dari pengguna seperti malware pada umumnya. "Plankton" hanya berfungsi sebagai "pembuka pintu". Setelah pengguna meng-install aplikasi yang terinfeksi, "Plankton" akan "memanggil" aplikasi berbahaya lain dari server milik hacker.

10 aplikasi terinfeksi yang dihapus oleh Google tersebut, semuanya berbentuk add-on atau cheat untuk salah satu game terpopuler saat ini, Angry Birds. Tetapi semua aplikasi tersebut tidak memberikan fungsi yang mereka janjikan, mereka semua hanyalah "sarana" untuk menarik pengguna agar meng-install "Plankton" pada Android phone mereka. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel