1

ISS Libatkan Apple iPhone 4 untuk Penelitian Luar Angkasa

20 Jun 2011 14:07 2611 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple terpilih menjadi *partner* resmi ISS untuk penelitian luar angkasa mulai bulan depan. ISS (International Space Station) adalah sebuah stasiun luar angkasa internasional yang dinaungi oleh negara-negara yang tergabung dalam bidang pengembangan penelitian luar angkasa.

Apple terpilih menjadi partner resmi ISS untuk penelitian luar angkasa mulai bulan depan. ISS (International Space Station), sebuah stasiun luar angkasa internasional yang dinaungi oleh negara-negara yang tergabung dalam bidang pengembangan penelitian luar angkasa.

Apple iPhone 4 menjadi satu-satunya smartphone yang dilibatkan dalam penelitian luar angkasa tersebut. Untuk penelitian tersebut, ISS menentukan dua buah Apple iPone 4 untuk disertifikasi, yang akan disematkan software khusus di dalamnya untuk mendukung penelitian.

iPhone 4 tersebut akan disematkan sebuah aplikasi iOS yang disebut the SpaceLab, aplikasi khusus yang dikembangkan oleh Odyssey Space Research agar iPhone 4 bisa dibawa untuk bereksperimen di luar angkasa.

Kedua iPhone 4 tersebut akan tetap dalam perhatian ISS selama beberapa bulan dimana eksperimen akan dilakukan oleh crew dan data yang diperoleh akan disimpan ke dalam perangkat. Ketika eksperimen selesai, kedua iphone 4 tersebut akan dikembalikan ke bumi dengan menaiki sebuah kendaraan khusus bernama Russian Soyuz tepat saat musim gugur tahun ini.

Penelitan tersebut terdiri dari beberapa langkah prosedur yang memungkinkan anggota crew melakukan eksperimen lebih praktis tanpa harus melakukan prosedur tambahan. Aplikasi yang disematkan ke dalam Apple iPhone 4 tersebut, diantaranya: Limb Tracker, Sensor Cal, State Acq State Acquisition, LFI Lifecycle Flight Instrumentation.

Menariknya, aplikasi-aplikasi tersebut telah tersedia di App Store untuk di-download sehingga pengguna Apple iPhone juga dapat merasakan pengalaman seperti prosedur tugas yang dilakukan oleh anggota awak ISS. Beberapa fitur disimulasi untuk menjelaskan kondisi gravitasi. LN

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel