Micro SIM Akan Menjadi Standar Ukuran Terbaru Bagi Kartu SIM

31 May 2011 15:09 5584 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kartu SIM (Subscriber Identity Module) akan mengalami perubahan ukuran. Apple diberitakan telah mengajukan proposal kepada ETSI (European Telecommunications Standards Institute) untuk merubah standar ukuran kartu SIM yang ada sekarang menjadi Micro SIM. Pengajuan proposal Apple ini pun didukung oleh Orange (Perusahaan telekomunikasi asal Prancis, dan salah satu operator terkemuka di dunia).

Diawali oleh Apple, nampaknya kartu SIM (Subscriber Identity Module) akan mengalami perubahan ukuran. Micro SIM pertama kali digunakan oleh produk pertama iPad keluaran tahun lalu. Namun Apple mengalami kesulitan karena masih terbatasnya Micro SIM yang beredar di dunia Global, tentu saja hal ini mempengaruhi penjualan produk iPadnya.

Berlawanan dengan rumor yang mengatakan Apple akan menghentikan produksi gadget ber-slot Micro SIM, Apple diberitakan telah mengajukan proposal kepada ETSI (European Telecommunications Standards Institute) untuk merubah standar ukuran kartu SIM yang ada sekarang menjadi Micro SIM. Pengajuan proposal Apple ini pun didukung oleh Orange (Perusahaan telekomunikasi asal Prancis, dan salah satu operator terkemuka di dunia).

Micro SIM memang lebih efisien, dengan fungsi yang sama seperti kartu SIM sekarang, tetapi berukuran lebih kecil. Micro SIM akan memberikan tambahan ruang dan pilihan bagi vendor ponsel dalam mendesain produknya. Kemungkinan proposal Apple untuk disetujui cukup besar mengingat aspek fungsional tersebut.

Tetapi tentu saja transisi dari kartu SIM menjadi Micro SIM diperlukan adanya suatu proses dan tidak akan berlangsung cepat, melihat dari sisi vendor ponsel yang telah mengeluarkan banyak produk terbarunya masih ber-slot kartu SIM. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel