1

Microsoft Mendapat Royalti dari Samsung dan HTC Untuk Penjualan Windows Phone

8 Aug 2012 11:00 2646 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Walaupun penjualan **Windows Phone** belum menjadi produk Microsoft dengan penjualan terbaik tetapi bukan berarti perusahaan pengembang asal Redmond Amerika Serikat ini tidak mendapat keuntungan dari Smartphone andalan mereka tersebut.

Walaupun penjualan Windows Phone belum menjadi produk Microsoft dengan penjualan terbaik tetapi bukan berarti perusahaan pengembang asal Redmond Amerika Serikat ini tidak mendapat keuntungan dari Smartphone andalan mereka tersebut. Berdasarkan laporan dari sebuah firma analisis keuangan bernama Trefis, Microsoft telah mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari penjualan lisensi sistem operasi buatan mereka ini.

Tercatat dari royalti yang didapatkan Microsoft untuk penjualan Samsung dan HTC, Microsoft mendapatkan keuntungan sebesar $792 juta di kuartal kedua tahun ini. HTC membayar Microsoft sebesar $10 untuk setiap Android yang dijualnya sedangkan Samsung membayar $12 kepada Microsoft per Android.

Untuk Microsoft perjanjian ini melindungi mereka dari kerugian apabila terjadi penurunan penjualan dari produk-produk smartphone Windows Phone. Bila Android terus mendominasi penjualan gadget di dunia maka dengan sendirinya Microsoft juga ikut diuntungkan dengan adanya perjanjian lisensi tersebut. Karena seperti yang kita ketahui penjualan dari Windows Phone sendiri belum terlalu meyakinkan. Dari firma analisa keuangan bernama Canalys dikabarkan semua perusahaan yang menjadi partner yang menggunakan sistem operasi Microsoft tersebut telah menjual 5.1 juta unit pada kuartal tahun ini. dapat dikatakan perjanjian lisensi ini lebih menguntungkan dari penjualan produk Windows Phone Microsoft itu sendiri. [RR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel