1

4 Pilihan Software Recovery Memory Card, USB Drive dan Perangkat Portable Lainnya

18 Jul 2012 15:00 6428 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pernahkah Anda mengalami ketidak sengajaan menghapus data Anda secara tidak sengaja. Celakanya untuk data yang terhapus pada media penyimpanan portabel sendiri tidak bisa Anda kembalikan layaknya data pada hardisk internal.

Media penyimpanan semacam USB Drive, hardisk portable atau memory card dewasa ini sangat mudah didapatkan dan juga semakin memiliki daya simpan yang besar. Para pengguna komputer maupun media lainnya sudah lebih mudah percaya untuk menyimpan lebih banyak data kepada perangkat satu ini karena dengan alasan mudah dibawa kemanapun dan juga mudah untuk menambahkan atau menghapus data pada memori portabel tersebut.

Namun pernahkah Anda mengalami ketidak sengajaan menghapus data Anda secara tidak sengaja. Celakanya untuk data yang terhapus pada media penyimpanan portabel sendiri tidak bisa Anda kembalikan layaknya data pada hardisk internal. Untuk mengatasi hal tersebut Anda membutuhkan software recovery memory card khusus untuk mengembalikan data Anda yang tidak sengaja Anda hapus.

Berbicara tentang software recovery memory card, Paseban memiliki daftar software untuk recovery data memory card terbaik untuk Anda. Beberapa software yang Paseban ulas di sini merupakan sekumpulan software yang telah lolos tes uji dari para professional. Untuk mengetahui apa saja software yang dikenal mampu mengembalikan data pada portable device, berikut ulasannya.

CardRecovery (Free Trial, $ 39.95)

Software yang menduduki urutan terbaik pertama diduduki oleh CardRecovery. Jika ditilik dari nama software-nya sendiri, software ini memang ditujukan untuk mengembalikan data Anda yang tidak sengaja terhapus pada media penyimpanan portabel. Namun sayang file yang hanya akan dicari software ini hanyalah file yang berupa gambar dan video, seperti AVI, MPG, MOV, MP3, WAV, JPG dan RAW. Software ini tidak akan bekerja untuk mencarai dokumen, archive formats, dan beberapa format gambar PNG dan Photoshop. Software ini dihargai $39.95 namun masih bisa Anda coba secara trial. Untuk mendapatkan software ini Anda bisa mengunduhnya di sini, khusus untuk pengguna Windows. Sementara untuk pengguna Mac, Anda bisa mengunduhnya di sini.

PhotoRec (Free)

Software yang mengisi posisi selanjutnya adalah PhotoRec. Jika dilihat dari namanya, aplikasi ini hanya mampu mengembalikan file foto Anda yang tidak sengaja terhapus pada media penyimpanan data Anda. Software ini dapat dijalankan dalam beberapa platform sekaligus, yakni Windows, Mac dan Linux. Ketika Anda pertama kali menjalankan software ini Anda nantinya akan diberikan sebuah pilihan tentang letak lokasi dari penyimpanan Anda yakni hard drives, attached removable drives atau memory card. Namun Anda jangan berharap mendapatkan tampilan yang memukau dari software ini berkat dibumbuii GUI yang menawan, namun Anda akan mendapatkan tampilan command-line. Meskipun memiliki tampilan yang tidak menarik, namun software ini mampu memberikan fungsi yang besar kepada Anda. Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Recover My Files (Free Trial, $69.95 StAndard, $99.5 Pro, $2.99 Technician)

Berbeda dengan software lainnya, Recover My Files ini hadir dalam tiga jenis software, yang di antaranya adalah Standard, Pro dan Technician. Pada saat dijalankan, software ini memberikan dua pilihan untuk Anda, yakni recover individual files atau recover files from a whole drive. Berbeda dengan dua software sebelumnya yang hanya bisa mencari file dalam format gambar atau video saja, software ini dapat mencari semua jenis file Anda dalam media penyimpanan data Anda. Semua data yang ingin Anda cari akan dapat ditemukan oleh software ini secara cepat tanpa harus memakan waktu yang lama. Setelah Anda berhasil melakukan recovery pada data Anda, Anda memungkinkan untuk menyimpan data Anda kembali di tempat yang berbeda. Anda bisa mencoba software ini secara gratis untuk versi trialnya. Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

**Recuva Free, $24.95 Home, $34.95 Business)

Recuva menduduki posisi berikutnya untuk software yang mampu mengembalikan file Anda yang tidak sengaja Anda hapus. Jika ditilik dari namanya, software ini mengambil nama dari pengucapan kalimat Recover di mana mendeskripisikan fungsi dari software ini. Tidak hanya handal dalam mendeteksi keberadaan file yang tidak sengaja Anda hapus, namun software ini juga mampu mendeteksi keberadaan file Anda yang berada dalam drive yang rusak. Software ini mampu mendeteksi semua file yang berada pada media penyimpanan Anda. Setelah software ini selesai menemukan semua file yang ingin Anda recover, software ini selanjutnya akan memberikan informasi detail tentang file yang berhasil ditemukan oleh software ini. Anda juga memungkinkan untuk menyimpan file Anda ke tempat lain setelah berhasil Anda lakukan recover. Untuk mendapatkan software ini, Anda bisa langsung mengunduhnya di sini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel