1

Dukung Pelestarian Lingkungan Hidup: Indosat Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2012

17 Jul 2012 12:30 2383 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kepedulian dan kesungguhan Indosat untuk melestarikan lingkungan hidup bagi generasi masa depan mendapatkan pengakuan dengan diraihnya Indonesia Green Award 2012 sebagai Green Telecommunication Company. Penghargaan ini diraih Indosat untuk program penanaman 43.000 pohon di daerah aliran sungai di sepanjang sungai Cisadane, Citarum dan Ciliwung untuk memberikan perlindungan dan perawatan kualitas air di daerah resapan dan aliran sungai.

Jakarta, 16 Juli 2012 - Kepedulian dan kesungguhan Indosat untuk melestarikan lingkungan hidup bagi generasi masa depan mendapatkan pengakuan dengan diraihnya Indonesia Green Award 2012 sebagai Green Telecommunication Company. Penghargaan ini diraih Indosat untuk program penanaman 43.000 pohon di daerah aliran sungai di sepanjang sungai Cisadane, Citarum dan Ciliwung untuk memberikan perlindungan dan perawatan kualitas air di daerah resapan dan aliran sungai.

"Dukungan Indosat terhadap pelestarian lingkungan hidup melalui program Indonesia Hijau merupakan salah satu wujud program Corporate Social Responsibility (CSR) kami dan kami sangat senang program Indonesia Hijau kami mendapat pengakuan publik. Diharapkan penghargaan ini dapat memacu semangat kami untuk semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup", demikian disampaikan Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat usai menerima penghargaan Indonesia Green Awards 2012 di Jakarta (10/7).

Program Indonesia Hijau merupakan salah satu program CSR Indosat yang berfokus pada pelestarian lingkungan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Program ini berakar pada kepedulian dan kesungguhan Indosat untuk melestarikan lingkungan hidup bagi generasi masa depan. Sejak peluncuran program Indonesia Hijau, Indosat telah melaksanakan berbagai program diantaranya tanam dan peliharan pohon yang melibatkan partisipasi seluruh karyawan Indosat, penanaman dan pemeliharaan pohon di kawasan hutan lindung Rinjani - Lombok bekerjasama dengan WWF Indonesia, pemerintah daerah serta perguruan tinggi di Indonesia, melaksanakan program penghijauan dengan penanaman 10.000 pohon jati di perbukitan Blora Jawa Tengah serta berpartisipasi mendukung program pemerintah yaitu penanaman satu milyar pohon Indonesia dengan memberikan 43.000 pohon yang ditanam di daerah resapan air dan juga daerah aliran sungai.

Indosat juga mengembangkan penggunaan tenaga alternatif dan hemat energi untuk pengoperasian BTS (Base Transceiver Station) dengan penggunaan bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan yaitu sinar matahari, angin dan biofuel berbahan dasar kelapa sawit dan biji jarak. Disamping itu, Indosat juga melakukan modernisasi jaringan dengan menggunakan BTS SDR (Software Defined Radio) yang hemat konsumsi daya dibandingkan dengan BTS konvensional.

Budaya dan prilaku sadar lingkungan juga diterapkan Indosat di internal perusahaan dengan melaksanakan 8 aksi internal yaitu : hemat kertas menuju paperless, hemat air, hemat listrik, pemilahan sampah organik dan non organik, tidak merokok di tempat kerja, pembuatan bipori di lingkungan kantor, penggunaan energi alternatif bagi BTS serta penerapan green office.

Selain program Indonesia Hijau, Indosat juga memiliki beberapa program CSR lainnya difokuskan pada bidang pendidikan, kesehatan, pemulihan paska bencana dan kegiatan sosial. Program-program ini diintegrasikan dengan kegiatan operasional Indosat serta melibatkan partisipasi seluruh karyawan sehingga meningkatkan nilai layanan Indosat kepada masyarakat.

Indonesia Belajar

Indosat berpartisipasi dalam pengembangan generasi muda pintar yang dicita-citakan melalui program Indonesia Belajar dengan menyediakan peralatan multimedia di sekolah-sekolah melalui program Indosat Cyber School, pengembangan kompetensi guru IPA dan Matematika, pendirian Indosat Innovation Lab sebagai forum diskusi dan eksperimen praktis oleh pengembang aplikasi muda serta mengadakan kompetensi inovasi yaitu Indosat Wireless Innovation Application Contest (IWIC). Sejak dimulai tahun 2006, kompetisi IWIC telah menghasilkan hampir 2.000 karya aplikasi wireless yang dikembangkan lebih lanjut menjadi aplikasi praktis dan berguna bagi masyarakat. IWIC bukan hanya sebatas kompetisi, tetapi juga sebagai wadah kreatifitas anak muda Indonesia dalam pengembangan aplikasi wireless dan berperan penting dalam menumbuhkan developer-developer lokal yang berbakat dan handal.

Indonesia Sehat

Indosat memberikan dukungannya untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak melalui unit-unit mobil klinik kesehatan yang menyediakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Mobil klinik dilengkapi dengan layanan kesehatan dasar mulai dari konsultasi kesehatan dan nutrisi, pemeriksaan menggunakan USG, alat inhalasi, perawatan medis termasuk operasi kecil, obat-obatan, layanan kesehatan untuk ibu dan anak. Mobil klinik ini dioperasikan di 16 kota di seluruh kantor regional Indosat untuk melayani masyarakat setempat melalui kunjungan rutin dan terjadwal ke lokasi-lokasi tertentu. Sejak diluncurkannya pada tahun 2007, Mobil Klinik telah melayani total 520.000 pasien yang mencakup ibu, anak dan orang dewasa.

Kegiatan Sosial : Berbagi Bersama

Melalui program berbagi bersama, Indosat mengajak pelanggan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dengan memberikan donasi melalui SMS, panggilan telepon dan saluran lainnya.

Paska Bencana : Indosat Peduli

Indosat memberikan bantuan kepada korban bencana melalui berbagai program pasca bencana seperti donasi, peralatan sekolah, bantuan modal kerja dan sembako.

Dukung Pelestarian Lingkungan Hidup: Indosat Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2012

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel