2 Plugin SEO Wordpress Paling Mujarab Sepanjang Masa

11 Jun 2013 23:00 2107 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Demi mempertahankan eksistensinya, para pemilik blog di dunia maya harus saling bersaing untuk menarik hati Google dan menggunakan beragam teknik dan plugin SEO Wordpress di blog mereka.

Untuk membangun sebuah blog yang bermutu dan menarik banyak pengunjung adalah sebuah tantangan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kelangsungannya, ada banyak pendapat para blogger yang mementingkan digunakannya plugin SEO untuk mendongkrak kehadiran pengunjung di blog mereka. Dengan menguasai teknik SEO, maka memudahkan pemilik blog untuk meramaikan blog mereka serta dapat berpengaruh pada pendapatan finansial mereka.

Namun bagi sebagian yang lain, yang terpenting dari tampilan sebuah blog yang harus di perhatikan adalah konten blog atau isi dari blog tersebut di mana pengunjung juga mungkin tertarik dengan sentuhan-sentuhan apik pada blog. Sehingga menurut pendapat mereka, plugin SEO Wordpress hanyalah sebagai pelengkap saja. Kendatipun demikian, kedua hal ini sebenarnya akan mampu menghasilkan sesuatu yang hebat jika dikombinasikan dengan sebaik-baiknya. Isi konten yang bagus, tampilan atau template yang rapi dan eye catching dan juga tambahan SEO, pasti mampu mendongkrak pengunjung pada blog Anda.

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan sebutan SEO adalah sebuah kata yang tidak asing lagi bagi para pengguna blog. Demi mempertahankan eksistensinya, para pemilik blog di dunia maya harus saling bersaing untuk menarik hati Google dan menggunakan beragam teknik dan plugin SEO Wordpress di blog mereka. Nyatanya ada banyak teknik yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan tempat di halaman utama Google. Tapi secara garis besarnya ada dua teknik yang bisa Anda gunakan. Dua teknik tersebut adalah teknik SEO on page dan teknik SEO off page. Kedua plugin jenis SEO on page ini dapat digunakan untuk mendongkrak rating blog Anda.

All in one SEO pack

Plugin SEO Wordpress yang pertama adalah All in one SEO pack yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada Anda untuk pengaturan judul blog, deskripsi atau keterangan blog serta kata kunci yang benar. Hal ini tentu akan dapat secara otomatis mendongkrak kualitas SEO pada blog Anda. Sekalipun Anda tidak memodifikasi coding yang terkandung di dalamnya, sistem tetap akan melakukan proses yang sebagaimana mestinya. Karenanya Anda tidak perlu susah-susah mengutak-atik coding pada plugin ini.

Cara instalasi dari plugin ini cukup mudah. Anda bisa memulainya dengan membuka dashboard blog dan pilih plugin > Add New. Tunggu hingga jendela plugin terbuka, dan pilih pilihan menu popular. Setelah itu lakukan scroll pada mouse dan pilih plugin All in one SEO pack, lalu pilih install. Ketika sistem minta dikonfirmasi, pilihlah pilihan yes. Untuk proses instalasi plugin ini memang tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya dalam hitungan detik saja Anda sudah bisa menemukan halaman yang menunjukkan bahwa instalasi telah berjalan sukses. Pilih Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Dengan mengaktifkan plugin, selanjutnya Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah plugin bisa dipergunakan sebagaimana mestinya atau tidak. Caranya adalah dengan mengaturnya terlebih dahulu. Jika di bagian atas blog Anda terlihat notifikasi atau pemberitahuan yang berwarna merah dimana hal itu menjadi tanda bahwa plugin ini belum benar-benar bisa bekerja. Untuk masuk pada pengaturan yang lebih lanjut, Anda bisa memilih the admin page.

Untuk pengaturan plugin selanjutnya, Anda harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah berikut ini. Terlebih dahulu Anda harus memilih pilihan Enable pada bagian plugin status. Lalu pada Home Title isikan kata kunci dan nama blog Anda dengan dibubuhi tanda pemisah (|) atau tanda penghubung (-), lalu selanjutnya isikan deskripsi atau keterangan dan penjelasan untuk blog Anda pada kotak Home Description.

Pastikan Anda memberikan penjelasan yang dapat menarik banyak orang untuk berkunjung ke blog Anda. Jangan lupa pula untuk memberi tambahan 2 atau 3 kata kunci terkait blog Anda di dalamnya. Isikan 10 sampai dengan 20 kata kunci blog Anda di kotak Home Keywords. Penting pula untuk memisahkan kata kunci yang Anda tambahkan dengan tanda koma. Sedangkan untuk pengaturan lainnya, tetap biarkan plugin Anda seperti apa adanya.

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu menyentang Use no index for tag archives dan juga Autogenerated Description. Selebihnya abaikan saja isian lainnya dengan memilih tombol Update Options. Dengan demikian, plugin All in One SEO Pack Anda telah berhasil diaktifkan dan telah siap melaksanakan fungsinya untuk menaikkan rating blog Anda.

 

Baca juga :

                   Inilah Cara Membuat Blog Wordpress dengan Mudah!

                   #NyalaUntukYuyun Puncaki Google Trends dan Trending Topik di Twitter

 

Plugin Google XML Sitemaps

Plugin yang kedua adalah Google XML Sitemaps yang berfungsi membuat peta blog dengan cepat dan akurat. Hal ini sangat bermanfaat pada proses index dan crawl oleh robot search engine. Karena dengan memasang plugin ini di blog Anda, maka blog Anda akan menjadi lebih mudah dideteksi oleh mesin pencari. Cara menginstalnya juga mudah sebagaimana plugin yang sudah kita bahas di atas.

Dimulai dengan membuka dashboard blog dan memilih Add New pada menu plugin sebagaimana cara installasi plugin sebelumnya. Namun pada bagian Popular, pilih plugin Google XML Sitemaps dan klik Install Now. Selanjutnya pilih Yes jika kemudian sistem meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Kemudian, Anda bisa mengaktifkan plugin dengan cara memilih link Activate Plugin, kemudian lakukan pengaturan yang lebih lanjut dengan mengarahkan kursor pada menu setting pada dashboard blog Anda.  Lalu, ketika muncul tampilan drop-down menu, pilih menu XML sitemap.

Selanjutnya pada halaman plugin XML-Sitemap, sistem akan memberi pengetahuan kepada Anda bahwa plugin belum bekerja dengan adanya kalimat The Sitemap wasn’t built yet pada halaman tersebut. Untuk membuatnya bekerja, Anda bisa melakukan klik link Click Here. Lantas jika pembuatan peta situs berjalan dengan sempurna maka akan muncul tampilan yang menunjukkan bahwa proses instalasi telah berjalan dengan baik.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel