Cara Menggunakan Windows Explorer Agar Organisasi Data Makin Rapi dan Efisien

10 Jun 2013 23:00 7566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh cara menggunakan Windows Explorer maka Anda bisa mengikuti sedikit bahasan tentang penggunaan software ini.

Bagi Anda yang sudah terbiasa bergelut dengan dunia komputasi tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah Windows Explorer. Software ini telah banyak membantu pekerjaan dalam mengolah data yang ada di komputer. Anda tinggal mengklik, drag, drop dalam melakukan pengaturan data. Namun jika Anda ingin mengetahui lebih jauh cara menggunakan Windows Explorer maka Anda bisa mengikuti sedikit bahasan tentang penggunaan software ini.

Merapikan Tempat Windows Explorer

Cara menggunakan Windows Explorer untuk yang pertama adalah membenahi letaknya, seperti yang telah diketahui bersama ada banyak jenis layout. Keberadaan layout-layout itu agar Anda bisa mengetahui mengenai informasi data yang ada pada komputer. Cara mengetahui jenis layout adalah dengan cara menuju menu organize kemudian ke layout, pada samping bacaan layout Anda di sana ada beberapa jenis seperti Menu Bar, Details Pane, Preview Pane dan yang terakhir adalah Navigation Pane.

Jenis-jenis layout yang ada ini mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Menu Bar mempunyai fungsi memberi tampilan menu, di sini Anda bisa mengatur aktif atau nonaktif. Preview Pane bisa digunakan untuk mengetahui isi sebuah dokumen tanpa perlu membuka dan melihat isinya satu per satu. Sedangkan jika Navigation Pane mempunyai fungsi menampilkan daftar dan partisi yang aktif.

Memberikan kolom Detail

Agar bisa memberikan tampilan kolom detail di Windows Explorer, Anda bisa memilih View pada tampilan menu Bar lalu details. Untuk selanjutnya pada layar Anda dapat melihat kolom yang berisi tentang informasi pada folder. Biasanya pada kolom detail berisi date, size dan type. Cara menggunakan Windows Explorer agar bisa memberi kolom tambahan pada kolom detail seperti yang Anda inginkan maka yang perlu Anda lakukan adalah cari dan pilihlah bacaan View lalu Choose details lalu beri centang salah satu pilihan detail yang mau ditampilkan.

 

Baca juga :

                   Tips Menambahkan Target Send-To pada Context Menu Windows Explorer

                   Gigabyte Z170X-SOC Force. ( MOBO wajib pecinta Overclock)

 

Mengatur Letak Kolom Detail

Mengapa Anda perlu melakukan pengaturan untuk kolom detail? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda lebih mudah jika ingin melihat informasi yang ada. Ada 2 cara menggunakannya jika ingin melakukan pengaturan pada kolom detail. Pertama, Anda bisa mengatur ukuran kolom dan merubah urutan detailnya sesuai seperti yang diinginkan. Namun selain cara tersebut, ada cara lain yang bisa dilakukan yakni menggunakan fitur Choose Detail kemudian ke kolom detail dan pilih lalu setelah itu tentukan sendiri lebar yang diinginkan. Selain itu Anda juga bisa mengganti urutan detailnya dengan cara memilih move up atau move down.

Mengaktifkan Fungsi Last Access Stamp

Di kolom detail yang ada tanggalnya, terdapat fitur Last Access Stamp yang gunanya dapat memberi informasi terakhir data diperbaharui. Namun jika fitur tersebut belum berfungsi pada komputer maka Anda bisa melakukan pengaktifan. Caranya dari Start Menu ketik CMD pada kotak pencarian lalu klik kanan kemudian ke Run as Administrator, kemudian klik yes, ketik perintah fsutil behavior set disablelastaccess 0. Langkah selanjutnya adalah me-restart komputer jika fitur sudah aktif. Hal ini bisa dilihat melalui bacaan sources.list Properties di layar monitor Anda.

Memanajemen Data

Cara terakhir adalah melakukan pemutakhiran manajemen data. Hal ini dilakukan agar data-data yang ada pada komputer yang tidak tak beraturan letaknya menjadi rapi sehingga ketika memerlukan data-data tersebut akan gampang mencarinya.

Kesimpulan Akhir

Windows Explorer banyak digunakan untuk membantu memanajemen data yang ada di komputer Anda sehingga letak data-data disusun secara sistematis dan rapi. Tips di atas bisa digunakan oleh Anda sebagai panduan merapikan kolom file data, jadi kapanpun Anda memerlukan data yang ada di komputer Anda dapat dengan mudah menemukannya. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel