Line Follower Robot - Robot Paling Sederhana yang Tetap Diminati

10 Jun 2013 20:30 9560 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda pernah mendegar tentang Line follower robot? Tentunya sekali dua kali pernah mendengar tentang Line folower robot. Line folower robot adalah sebuah robot yang dapat membedakan warna garis hitam dan background putih, maupun sebaliknya.

Teknologi semakin berkembang pesat. Telah banyak perangkat elektronik yang semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Robot adalah sesuatu yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mereka sengaja diciptakan khusus untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Berbagai macam robot telah berhasil turut serta membantu manusia dalam mengatasi masalah. Namun robot identik dengan kerumitan dan sulit untuk dibuat oleh orang awam. Tetapi pada masa sekarang ini telah banyak jenis- jenis robot yang dapat dengan mudah dirakit oleh orang awam sebagai sarana pembelajaran, salah satu contohnya adalah Line follower robot

Anda pernah mendegar tentang Line follower robot?. Tentunya sekali dua kali pernah mendengar tentang Line folower robot. Line folower robot adalah sebuah robot yang dapat membedakan warna garis hitam dan background putih, maupun sebaliknya. Hal ini dapat dilakukan karena robot ini memiliki sensor untuk mengetahui warna benda. Namun, benda yang dapat dideteksi oleh robot ini hanyalah benda yang memiliki nilai warna dibawah dan diatas nominal angka tertentu. Sehingga garis dan background yang bagus untuk Line follower robot adalah yang hanya memiliki 2 jenis warna yang berbeda. Untuk arena yang memiliki 2 warna yang berbeda bisa saja dapat dilaui namun robot akan kesulitan untuk mendeteksi warna tersebut.

Line follower robot memiliki banyak macam dan fungsi. Jika ditinjau menurut sistem yang digunakan robot pelacak garis atau biasa disebut Line follower robot dibagi menjadi 2 yaitu line follower analog dan line follower mikro. Line follower analog menggunakan rangkaian analog untuk melacak garis. Sedangkan line follower mikro menggunakan mikrokontroller untuk melacak garis sehingga sistem pelacakan garisnya lebih halus jika dibandingkan line follower analog. Line tracer mikro memiliki mikrokontroller yang dapat diprogam dalamnya sesuai dengan keinginan pembuatnya. Karena kemampun itulah line follower mikro mampu melewati jalur yang lebih rumit dan berliku–liku jika dibandingkan dengan line follower analog.

 

Baca juga :

                   Robot yang Nyaris Mendekati Wanita Cantik Sempurna Telah Dibuat di Tiongkok

                   Review HP Envy 34 Curved, All - in - one seharga 20 jutaan, layar cekung sebesar 34 inch

 

Tentang Sensor

Sensor yang digunakan pada Line follower robot adalah Led super bright sebagai transmiter dan photo diode sebagi recivier. Led super bright adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya yang terang seperti lampu. Komponen inilah yang sekarang dijadikan terobosan baru dalam hal elektronik, baik dalam layar display maupun untuk perangkat penerangan. Komponen “photodioda” digunakan sebagai recivier .komponen ini menangkap cahaya untuk kemudian dirubah besarannya menjadi resistansi. Selain menggunakan photodioda.untuk mendeteksi intensitas cahaya dapat juga menggunakan LDR atau “Light Dependent Resistance” yang juga berfungsi sebagai pengubah besaran cahaya menjadi besaran resistansi listrik. Hanya saja karakteristik resistansi pada LDR dan photo dioda berbanding terbalik.

Prinsip dan Cara Kerja

Cara kerja dari sistem ini adalah Led superbright memberikan cahaya pada lintasan, yang kemudian akan dipantulkan ke photodioda hasil pantulan yang diterima berbeda-beda intensitasnya tergantung dari warna area yang menjadi pantulan cahaya. Semakin gelap arena maka akan semakin tinggi intensitas cahaya karena cahaya yang memantul dari arena tersebut semakin banyak. Dan sebaliknya. Hasil besaran tersebut dibandingkan dengan menggunakan IC komparator untuk mengubah sinyal analog menjadi sinnyal digital murni. Sinyal inilah yang nantinya akan diolah sebagai pengendali motor. Sinyal tersebut menentukan apakah motor harus bergerak maju, mundur, ataupun berhenti. Pada Line follower robot dengan mikrokontroller, tidak dibutuhkan IC komparator karena pada mikrokontroller sudah ada rangkaian komparator internal dan pengubah nilai analog menjadi digital. Selain itu kelebihan dari line follower dengan menggunakan mikrokontroller adalah kecepatan motor yang juga dapat kita sesuaikan secara program. Tidak seperti pada line follower analog yang hanya bisa maju mundur dan berhenti. Pada line follwer mikro kita dapan mengatur kecepatan putaran tiap motor dengan menggunakan sistem PWM.

Di tahun ini telah banyak perlombaan yang menggusung tema Line follower robot sebagai objek yang dilombakan. Berbagai macam universitas maupun sekolah menengah ke atas sering berlomba- lomba untuk mengikuti maupun menyelenggarakan lomba line follower ada banyak tingkatan divisi dari perlombaan line follower. Mulai dari divisi SD SMP SMA hingga Perguruan tinggi. Untuk tingkat SD biasanya mengikuti lomba dengan menggunakan “line tracer analog” sedangkan untuk SMP,SMA, maupun perguruan tinggi biasanya mengikuti perlombaan dengan “line tracer mikro”. Untuk Smp dan SMA biasanya diadakan lomba yang dinamakan Maze Solving. Karena pada tingkatan ini para peserta belum mampu untuk merakit maupun memprogram mikro sendiri. Maka mulai dari mobil hingga susunan program sudah disediakan, para peserta hanya tinggal memikirkan bagaimana cara tercepat untuk mencapi finish dengan melalu labirin garis dan menempuh jarak terpendek.[AHA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel