Tips dan Trik Komputer: Cara Mudah Membuat Symlink di Komputer Windows

19 Aug 2013 18:00 3964 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips dan trik komputer ini akan membahas cara mudah membuat Symlink di komputer Windows, tidak rumit, ada 2 cara yang akan kita bahas bersama

Bagi para pengguna komputer, mungkin sudah pernah mendengar kata soft link dan hard link, bukan? Soft link menjadi salah satu tips dan trik komputer yang sudah digunakan sejak lama untuk mempercepat pencarian suatu file atau direktori. Soft link, atau biasa disebut juga symlink (symbolic link) adalah jenis file yang mengandung referensi untuk menuju ke file spesifik atau direktori lain. Intinya, file symlink ini akan mengandung satu jalur (path, baik relatif maupun absolut) dari file atau direktori yang ingin dituju. Dengan menggunakan symlink, user komputer hanya tinggal melakukan double click untuk pergi ke tujuan yang dimaksud tanpa harus mengklik folder-folder utama dimana file atau direktori diletakkan. Untuk selanjutnya, kata symlink akan digunakan sebagai acuan dari soft link.

Tentunya dengan melihat fungsi memotong jalan tersebut user akan teringat pada fungsi shortcut. Memang symlink dan shortcut memiliki prinsip kerja yang sama.Perbedaan yang mendasar adalah shortcut akan selalu menggunakan jalur (path) absolut, sedangkan pada symlink dapat digunakan absolut maupun relatif. Tidak semua program juga dapat dijadikan target pada shortcut. Sedangkan pada symlink, semua software dapat dijadikan target untuk penjadi target dari file yang dibuat ini. Tentu dengan perbedaan cara kerja yang digunakan keduanya, tips dan trik komputer membuat shortcut dan symlink pun juga berbeda.

Prinsip kerja symlink sendiri paling disupport oleh OS semacam Linux. Adapun saat ini OS Windows juga sudah mulai support dengan sistem symlink-Sedangkan pada setiap OS keluaran Mac, Apple memberikan fitur yang diberi nama “alias”. Fitur alias ini memiliki prinsip kerja serupa yang diadaptasi dari prinsip symlink. Tips dan trik komputer pada wacana kali ini akan membahas pembuatan symlink pada OS Windows.

Sebelum membuat symlink, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh user komputer. Hal paling utama adalah keberadaan software pendukung pada Windows untuk menunjang tips dan trik komputer dalam membuat symlink yang dimaksud. Software tersebut bernama Shell Link Extension. Dengan menggunakan software ini, symlink dapat dibuat dengan mudah. Adapun sebagai fondasi penggunaan software tersebut, masih diperlukan satu software lainnya. Software lain ini adalah Visual Studio Redistributable. Pemilihan versi kedua software tersebut harus disesuaikan dengan spesifikasi hardware dan juga OS Windows yang digunakan, agar kinerjanya tidak terganggu.

Adapun selain menggunakan software pendukung, tips dan trik komputer dalam membuat symlink sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan Command Prompt. Sayangnya, tidak semua user komputer fasih dengan bahasa komputer, sehingga cara satu ini mungkin akan memakan waktu bagi orang awam. Tentu bagi programmer, pembuatan symlink dengan Command Prompt akan jauh lebih mudah.

 

Baca juga :

                    Tips dan Trik Komputer: Kenali Perbedaan Shut Down, Sleep, dan Hibernate pada Komputer Windows

                    Ini adalah 4 Kartini Muda Yang Sukses Di Perfilman Internasional

 

Symlink Dengan Software

Dengan menggunakan software Visual Studio Redistributable dan Shell Link Extension, pelaksanaan tips dan trik komputer membuat symlink akan sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah membuat symlink dengan modal dua software tersebut:

  1. Tentukan terlebih dahulu folder (sebagai direktori) atau file yang ingin dijadikan target dari symlink yang dibuat.
     
  2. Klik kanan pada folder atau file yang dimaksud. Klik pada pilihan “Pick Link Source“. Dengan langkah ini, folder atau file yang dipilih akan menjadi sumber link yang nantinya akan diubah menjadi path. Jika ingin membatalkan sumber link yang sudah dipilih tadi, klik kanan lagi dan klik “Cancel Link Creation”.
  3. Setelah sumber link ke file atau direktori ditentukan, tentukan dimana user mau meletakkan symlink yang akan dibuat. Klik kanan pada tempat yang imaksud.
     
  4. Setelah klik kanan, pilih Drop As… lalu klik Symbolick Link.

Setelah mengikut langkah tips dan trik komputer di atas, nanti akan muncul folder yang identik dengan source link yang tadi dipilih. Sekarang user dapat menggunakan symlink yang sudah dibuat untuk memotong jalur akses ke file atau direktori yang dimaksud. Mudah, bukan?

Symlink Dengan Command Prompt

Jalankan program “cmd“ dari Start menu untuk menggunakan Command Prompt. Dengan memulai kerja cmd ini, tips dan trik komputer membuat symlink dapat dilakukan dengan memilih Run as administrator.

Setelah jendela cmd keluar, gunakan formula di bawah ini untuk mulai membuat symlink:

mklink /prefix link_path file/folder_path

/D – membuat soft symbolic link yang serupa dengan folder standar atau file shortcut dalam Windows. Prefix ini merupakan default option dan perintah mklink akan menggunakan prefix ini jika kita tidak memasukkan prefix apa-apa.

 /H – membuat hard link ke sebuah file.

 /J – membuat hard link ke sebuah direktori atau folder.

Contoh Perintah: mklink /D E:\Plimbifolder\library E:\LIBRARY\EBOOKS

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel