Tips Trik Cara Sync dan Transfer Data Android Ke iOS Atau iOS ke Android

7 Jun 2013 16:45 19401 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dunia ini memiliki banyak sistem operasi untuk ponsel. Oleh karena itu, adalah hal yang lumrah apabila seseorang memiliki sistem operasi yang berbeda-beda pada ponsel-ponsel miliknya, sebagai contoh seseorang yang menggunakan perangkat Android dan iPhone sekaligus. Tidak hanya itu saja, pada sajian yang lebih besar, hal ini juga sering terjadi. Mungkin, ada orang yang menggunakan iPad mini dan Samsung galaxy tab secara bersamaan.

Dunia ini memiliki banyak sistem operasi untuk ponsel. Oleh karena itu, adalah hal yang lumrah apabila seseorang memiliki sistem operasi yang berbeda-beda pada ponsel-ponsel miliknya, sebagai contoh seseorang yang menggunakan perangkat Android dan iPhone sekaligus. Tidak hanya itu saja, pada sajian yang lebih besar, hal ini juga sering terjadi. Mungkin, ada orang yang menggunakan iPad mini dan Samsung galaxy tab secara bersamaan. Akan menjadi membingungkan dan tidak praktis apabila kita selalu berpindah-pindah data dari satu device ke device lainnya. Satu solusi yang tepat adalah dengan menyinkron kedua sistem operasi ini agar selalu terhubung satu sama lain. Dengan transfer data Android ke iOS atau iOS ke Android, maka Anda telah mendapatkan jalan pintas menuju kepraktisan.

Dalam dunia yang selalu terkoneksi dengan berbagai hal ini, adalah hal yang mungkin untuk menghubungkan dua device dengan sistem operasi yang berbeda untuk bertukar dan berbagi data. Data-data ini, tentu merupakan data yang penting. Selain itu, menyinkron email juga merupakan hal yang patut untuk dilakukan. Proses transfer data Android ke iOS atau sebaliknya ini akan membuat konten-konten Anda selalu update. Berikut ini adalah tips untuk melakukan sinkronisasi dan tranfer data tersebut.

Data

Berbagi file antar dua perangkat bukan merupakan pekerjaan yang sulit sekarang ini. Anda dapat berbagai file document atau gambar melalui proses yang mudah dan tidak bertele-tele dengan memanfaatkan aplikasi pada kedua belah pihak.

Dropbox

Dropbox merupakan aplikasi favorit untuk berbagi konten. Apa yang akan Anda butuhkan adalah fitur sync foto otomatis, dimana gambar yang Anda masukkan akan dapat otomatis di-upload ke Dropbox. Dengan ini, apabila Anda tidak membawa satu device, namun Anda membawa device lainnya, maka Anda tetap bisa melihat foto-foto tersebut. Dropbox juga merupakan aplikasi yang bekerja baik untuk berbagi file secara personal atau untuk backup data. Sebagai catatan, Dropbox berfokus pada berbagi file dan foto, bukan untuk meng-edit document. Anda bisa mengunjungi situsnya di sini.

Box

Box bisa Anda gunakan untuk menyinkron berbagai tipe file secara bersamaan. Box lebih fokus pada file document, dan akan memberikan layanan untuk meng-edit dan membuat konten baru melalui kerjasama dengan aplikasi lainnya. Melalui fitur ini, Anda dapat mengubah file document langsung dari satu device ke device lainnya. Kunjungi situsnya di sini.

SkyDrive

Skydrive merupakan solusi layanan komputasi awan yang akan memberikan akses gratis pada Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote melalui browser, dengan memanfaatkan  fitur sinkron otomatis. Melalui fitur ini, Anda akan dapat melihat file document baik pada perangkat Android maupun pada perangkat iOS. Kunjungi situsnya di sini.

 

Baca juga :

                    Transfer Data Secepat Kilat dengan USB Flashdrive Mushkin Impact 256 GB USB 3.0

                     Cara Download Video Youtube Lewat Browser tanpa software

 

Email, Calendar, Contact

Melalui perangkat Android, dengan memanfaatkan akun milik Anda, perangkat Anda akan memiliki kemampuan untuk menyinkron email, kontak dan kalender. Berikut aturannya pada perangkat Android.

  • Gmail, diatur untuk sync secara default setelah Anda memasukkan akun Google
  • Contact, Anda perlu menyimpan satu kontak baru sebagai Google contacts.
  • Calendar, tetapkan secara default

Sekarang, setelah semua konten yang Anda atur disimpan di Google server, yang perlu Anda lakukan adalah menyinkron balik pada perangkat iOS yang Anda miliki. Berikut pengaturan pada perangkat iOS.

  • Pergi ke settings dan pilih Mail, Contacts, Calendars
  • Tap pada Add Account dan pilih Gmail.
  • Setelah Anda memasukkan detail akun Google, Anda akan diberi opsi untuk memilih tipe konten yang ingin Anda sinkron.
  • Mail dan Calendars akan dipilih secara default, tap Done dan selesai.

Lalu, bagaimana untuk kontak? Berikut langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Pergi ke Settings, dan pilih Mail, Contacts, Calendars
  • Tap pada Add Account dan pilih Other
  • Di bawah Contacts, pilih Add CardDAV Account
  • Masukkan google.com sebagai Server, dan alamat @gmail.com Anda sebagai User Name.
  • Masukkan Password, beri nama akun dan done.

Setelah semua langkah tersebut selesai dilakukan, maka semua isi email Anda akan terhubung langsung antar Android dan iOS.

Dimanapun Anda berada, sekarang Anda akan tidak perlu khawatir apabila Anda ingin membawa satu device saja. Semua data penting Anda telah tersinkron, entah Anda akan transfer data Android ke iOS atau iOS ke Android, Anda telah membuat segalanya menjadi lebih praktis. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel