Cara Setting WiFi Android Agar On/Off Secara Otomatis Tanpa Ribet dengan Sentry App

7 Jun 2013 16:30 40172 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyaknya proses yang berlangsung di dalam sebuah smartphone membuat smartphone membutuhkan banyak suplai daya dari baterai. Salah satu cara agar daya pada baterai dapat awet, terutama saat Anda berada di luar rumah, adalah dengan cara menonaktifkan WiFi ketika berada di area tanpa dukungan WiFi. Namun, sayangnya ketika berada di area WiFi, mungkin Anda lupa untuk mengaktifkannya kembali sehingga aktifikas pengecekan email atau aktifitas lain yang terkait dengan internet akan terlewat.

Banyaknya proses yang berlangsung di dalam sebuah smartphone membuat smartphone membutuhkan banyak suplai daya dari baterai. Salah satu cara agar daya pada baterai dapat awet, terutama saat Anda berada di luar rumah, adalah dengan cara menonaktifkan WiFi ketika berada di area tanpa dukungan WiFi. Namun, sayangnya ketika berada di area WiFi, mungkin Anda lupa untuk mengaktifkannya kembali sehingga aktifikas pengecekan email atau aktifitas lain yang terkait dengan internet akan terlewat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang mengerti cara setting WiFi pada smartphone Anda.

Untuk mengaplikasikan cara setting WiFi pada perangkat smartphone Android Anda agar dapat aktif dan nonaktif secara otomatis, Anda membutuhkan aplikasi pendukung. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Sentry. Dengan bantuan aplikasi ini, smartphone Anda akan secara otomatis mengaktifkan WiFi ketika terdapat sinyal dan menonaktifkan ketika tidak terdapat sinyal. Berikut ini sekilas mengenai aplikasi Sentry.

Deskripsi dan Konsep

Apakah Anda seringkali membiarkan WiFi Anda aktif seharian sehingga baterai smartphone Anda terkuras dengan cepat? Atau apakah Anda seringkali lupa mengaktifkan WiFi Anda padahal Anda berada di area dengan cakupan sinyal WiFi? Dengan menginstal Sentry, yang dikembangkan oleh Aaron Dimet, dan mengerti cara mensetting WiFi melalui aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan hal tersebut.

Design dan User Interface

Sentris didesain dengan tampilan yang sederhana sehingga cara mensetting WiFi melalui aplikasi ini menjadi sangat mudah. Di layar awal Anda hanya harus memilih beberapa pilihan dan memasukkan data ke beberapa pengaturan. Setelah itu, Sentris akan bekerja untuk mengaktifkan dan menonaktifkan WiFi secara otomatis untuk Anda.

 

Baca juga :

                    Pertarungan Dua Aplikasi WiFi Android, WiFi Analyzer Vs WiFi Finder

                    Pantaskah fitur sederhana " Edge" dibanderol 2 juta lebih ( Galaxy S6 vs S6 Edge)

 

Fitur

Dengan menginstal Sentry dan mengikuti beberapa cara mensetting WiFi yang ada di dalam aplikasi ini, Anda akan memperoleh banyak kemudahan. Anda dapat memilih kapan aplikasi ini akan mengaktifkan WiFi untuk Anda. Bahkan Anda dapat mengatur setiap berapa menit Sentry mengecek keberadaan sinyal WiFi untuk Anda.

Setelah mendownload dan menginstall aplikasi tersebut, berikut ini adalah cara mensetting WiFi menggunakan aplikasi Sentry pada Android Anda.

Pilihlah Kapan WiFi akan Diaktifkan Secara Otomatis

Setelah proses penginstalan, terdapat tiga pilihan yang diberikan kepada Anda, yaitu (1) WiFi akan aktif secara otomatis setelah kunci layar terbuka (Check connection if screen unlocked), (2) WiFi akan aktif secara otomatis setelah proses reboot (Start every time the phone boots), dan (3) WiFi akan aktif secara otomatis setelah terdeteksi dalam interval waktu yang Anda atur sebelumnya (Polling Interval minutes). Salah satu dari tiga cara mensetting WiFi ini dapat Anda pilih dengan cara tap pada pilihan yang bersangkutan.

Pilihlah Pilihan “Check Wifi if turned off”

Pilihan “Check Wifi if turned off” akan ditampilkan pada layar home di dalam aplikasi. Cara mensetting WiFi langkah selanjutnya adalah memilih pilihan tersebut. Setelah itu, Anda dapat mengakses pengaturan WiFi lebih lanjut.

Masukkan Data pada Pengaturan yang Dibutuhkan

Setelah Anda mengaktifkan pilihan “Check Wifi if turned off”, isilah kolom-kolom yang ditampilkan pada layar aplikasi. “Polling Interval (minutes)” mengatur kapan selanjutnya keberadaan WiFi akan dicek, sedangkan “Time to wait for a connection” mengatur berapa lama durasi pengecekan keberadaan WiFi. Sebagai contoh, isilah kolom “Polling Interval (minutes)” dengan angka 30 dan kolom “Time to wait for a connection” dengan angka 15, kemudian tekan tombol Activate. Dengan demikian, setelah menekan tombol Activate, WiFi pada smartphone Anda akan diaktifkan dan selama 15 detik Sentry akan mengecek keberadaan sinyal WiFi. Jika sinyal WiFi tidak ditemukan, WiFi akan kembali dinonaktifkan dan keberadaan sinyal WiFi akan kembali dicek setelah 30 menit kemudian. Inilah cara mensetting WiFi agar dapat aktif dan nonaktif secara otomatis melalui bantuan aplikasi Sentry.

Kesimpulan dan Download

Jika tertarik dengan cara mensetting WiFi melalui aplikasi Sentry, Anda dapat mendownload aplikasi ini melalui Google Play Store dengan mengunjungi Link ini. Sentry merupakan aplikasi gratis dengan tambahan iklan. Jika Anda menginginkan aplikasi tanpa iklan, Anda dapat membeli versi pro. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel