Cari Pengertian Istilah? Kunjungi Situs Tesaurus dan Kamus Online Bahasa Indonesia

8 Jun 2013 18:00 10509 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamus bahasa Indonesia online adalah kamus cetak yang dibuat versi digitalnya dan diterbitkan dalam bentuk website. Kamus online bahasa Indonesia ini sangat mudah ditemukan dan ada beberpa situs yang menyediakannya. Sedangkan tesaurus merupakan buku yang memiliki fungsi yang sama dengan kamus. Hanya saja dalam tesaurus,  Anda tidak akan menemukan pengertian dari satu kata tertentu melainkan persamaan (sinonim) atau lawan kata (antonim). 
 
Bahasa Indonesia merupakan bahasa dengan jumlah kata yang tergolong banyak. Bahasa Indonesia pun merupakan bahasa yang banyak menyerap istilah asing termasuk istilah teknologi . Jika hendak ditelisik, banyak istilah teknologi yang sudah memiliki padanannya dalam bahasa Indonesia. Namun istilah-istilah masih cukup terdengar tidak umum bagi sebagian besar oran.. Ada juga istilah lain yang masih belum berterima dan  biasanya ditemukan dalam arttikel, buku, ataupun karya sastra. Jika Anda menemukan istilah yang tidak dimengerti tersebutnya selayaknya Anda harus memiliki kamus. Kamus membantu dalam mengartikan pengertian sebuah kata. Namun jika kamus tidak dimilkiki, Anda tidak perlu khawatir karena di era digital ini sudah terdapat kamus online bahasa Indonesia dan tesaurus bahasa Indonesia online.
 
Apa itu Kamus Online dan Tesaurus Online?
 
Kamus online bahasa Indonesia  adalah kamus cetak yang dibuat versi digitalnya dan diterbitkan dalam bentuk website. Kamus online bahasa Indonesia ini sangat mudah ditemukan dan ada beberapa situs yang menyediakannya. Sedangkan tesaurus merupakan buku yang memiliki fungsi yang sama dengan kamus. Hanya saja dalam tesaurus,  Anda tidak akan menemukan pengertian dari satu kata tertentu melainkan persamaan (sinonim) atau lawan kata (antonim). 
 
Situs Kamus Online  dan Tesaurus 
 
Ada beberapa situs kamus online bahasa Indonesia, namun hanya dua yang akan dijelaskan karena beberapa situs lainnya sifatnya serupa.  Sementara untuk situs tesaurus online, ada dua situs yang bagus dalam membantu mencari persaamaan sebuah kata.  Berikut dua situs kamus dan dua situs tesaurus yang akan dijelaskan. 
 
1. Situs KBBI Online 
 
Salah satu kamus online bahasa Indonesia yang cukup lengkap adalah situs KBBI online yang dikelola oleh Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Situs ini merupakan situs kamus yang dikembangkan oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus bahasa Indonesia online ini  memiliki nama resmi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dalam jaringan. Kamus online ini merupakan pengembangan dari KBBI III yang kemudian disempurnakan saat KBBI IV terbit pada tahun 2008. Tampilan situs ini cukup sederhana. Anda hanya perlu memasukan sebuah kata kemudian Anda dapat memilih pilihan sama dengan yang berarti pengertiannya. Anda pun dapat memilih pilihan diawali dan memuat yang bisa memudahkan agar kata dapt dimengerti oleh sistem. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat berkunjung ke situsnya disini.
 
2. Situs Bahasa 
 
Tidak berbeda jauh dengan situs KBBI yang dibuat oleh Kementrian Pendidiakan dan Kebudayaan, situs ini merupakan kamus online bahasa Indonesia yang bisa menjadi acuan. Kamus ini pun dikembangkan oleh Pusat Pengembaangan Bahasa yang berkerjasa sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Tidak heran jika muatannya sama persis dengan situs KBBI online. Hanya saja situs ini menawarkan kelengkapan dan fitur pilihan yang tidak terdapat pada situs KBBI Online. Saat Anda akan mencari pengertian sebuah kata, Anda akan menemukan empat pilihan yang akan mempermudah sistem mengartikan kata. Pilihan tersebut adalah bidang, dialek, ragam dan kelas.  Untuk pemula yang ingin mengetahui pengertian sebuah kata, situs ini dapat dimanfaatkan dan dapat Anda kunjungi disini.
 
Baca juga :
 
                   5 Situs Untuk Mencari Subtitle Bahasa Indonesia
 
 
3. Situs Sinonim Kata
 
Berbeda dengan kedua situs sebelumnya yang ditujukan fungsinya sebagai kamus online bahasa Indonesia, situs sinonim kata adalah situs tesaurus online. Situs ini akan memudahkan Anda untuk mencari persamaan sebuah kata tau bisa juga mencari alternatif dari sebuah kata. Misalnya Anda mencari kata lain untuk kata mengawasi, maka situs akan menampilkan kata yang sama atau dekat maknanya dengan kata mengawasi. Situs ini memunculkan banyak hasil untuk kaa yang satu ini yaitu menyelia, memandori, memata-matai, mengintai, menilik, meninjau, memperhatikan, dan sebagainya. Untuk mempermudah, situs ini pun menampilkan semacam gambar yang menghubungkan satu kata dengan kata lain. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat berkunjung ke situsnya disini. 
   
4.Situs  Arti Kata 
 
Mirip dengan situs sinonim kata, situs arti kata adalah situs yang berfungsi sebagai tesaurus bahasa Indonesia. Kelebihan dari situs ini adalah, kata yang dicari persamaanya ditampilkan pula artinya. Jadi situs ini memilliki dua fungsi baik sebagai tesaurus online maupun sebagai kamus online bahasa Indonesia. Sayangnya sebagai sebuah situs tesaurus, baik situs sinonim kata maupun situs arti kata, belum dilengkapi dengan fitur antonim yang juga bisa snagat membantu. Bila Anda ingin segera mengunjungi situs ini,  silakan klik tautan ini dan Anda akan langsung masuk  pada halaman depan situs arti kata. 
 
Situs-situs tersebut tentunya akan sangat membantu tugas atau pekerjaan Anda jika erat kaitannya dengan bahasa. Apalagi untuk seorang penulis artikel atau jurnalis yang tidak boleh miskin diksi, situs tesaurus dan kamus online bahasa Indonesia tersebut akan menambah pembendarahaan kata. [HMN]
 
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel