3 Tips Dalam Merawat Hard Disk Eksternal

5 Jun 2013 13:30 6222 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sifat hard disk eksternal yang dapat dibawa keman-mana ini  justru membuat perangkat ini rentan akan gangguan yang tidak terduga. Salah kaprah dan memperlakukan perangkat ini seperti barang biasa saja hanya akan membuat perangkat ini sia-sia untuk dimiliki. Hard disk  eksternal harus diperlukan seperti orang tua menyayangi anaknya. 

Kebutuhan akan perangkat penyimpanan data akhir-akhir ini semakin meningkat. Tidak hanya sebatas sebaga penyimpan  data dokumen  tetapi juga digunakan untuk menyimpan program ataupun konten digital sebuah games. Salah satu perangkat penyimpanan data yang sedang menggeliat adalah hard disk eksternal. Perangkat yang bisa menyimpan data lebih besar dibandingkan flashdisk ini banyak diminati karena mampu meyimpan data dalam jumlah yang besar. Selain itu hard disk eksternal saat ini ukurannya tidak besar sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

Sifat hard disk eksternal yang dapat dibawa keman-mana ini  justru membuat perangkat ini rentan akan gangguan yang tidak terduga. Salah kaprah dan memperlakukan perangkat ini seperti barang biasa saja hanya akan membuat perangkat ini sia-sia untuk dimiliki. Hard disk  eksternal harus diperlukan seperti orang tua menyayangi anaknya. Jika  pengandain trsebut terlalu berlebihan, paling tidak Anda harus menyayangi  hard disk sebagaimana menyayangi barang-barang kesayangan. Bingung cara memperlakukan hard disk Anda? Berikut dijelaskan beberapa tindakan agar hard disk Anda terawat, terjaga dan berumur panjang. 
 
Menjaga Hard Disk Eksternal
 
Untuk keamanan, langkah utama yang harus dilakukan sebaiknya Anda membeli hard disk eksternal yang tahan banting. Tindakan ini merupakan salah satu langkah agar hard disk Anda tahan terhadap benturan. Namun bukan berarti Anda bebas membanting hard disk Anda.  Benturan yang berlebihan akan menimbulkan keropos di dalam hard disk. Namun jika Anda membeli hard disk eksternal yang biasa, Anda perlu menjaga hard disk eksternal Anda dengan sangat baik.
 
Selain itu Anda pun harus menghindarkan perangkat penyimpan data ini dari benda cair. Jika hard disk terkena air, ada kemungkinan data akan hilang. Untuk itu simpanlah hard disk  eksternal Anda dengan hati-hati. Simpanlah pada tempat yang aman. Selain harus terhindar dari air, sangat disarankan menyimpan hard disk pada tempat-tempat  yang tidak memiliki muatan magnet. Hal ini karena dalam hard disk terdapat terdapat komponen mekanik yang sangat sensitif dengan benda bermagnet.  Jika hal ini terjadi, sistem kinerja hard disk eksternal Anda akan tergangu.   
 
Baca juga :
                    
                   Apakah Hard Disk Eksternal Tanpa Kabel Layak Dimiliki?
                   Review Captain America : Civil War (No Spoiler) : Seru dan Menghibur
 
 
Memperhatikan Konektor USB
 
Fungsi dari konektor USB adalah  menyandingkan hard disk eksternal dengan perangkat lain semisal komputer. Berkat konektor ini segala lalu lintas data dapat berjalan dengan baik. Anda tinggal merunjang kabel konektor pada port USB di perangkat lain. Namun, agar tidak terjadi keausan pada konektor USB, diusahkan tidak banyak aktivitas colok pasang.  Gunakanlah seperlunya. Jika tidak diindahkan  atau menganggap sepele hal ini, akan terjadi pergesekan pada kepala konektor sehingga mengakibatkan  gangguan pada asupan arus  daya konektor. Hal ini tentunya akan membuat konektor USB tidak optimal.
 
Perhatikan juga, jika hendak menancapkan USB, perhatikan apakah posisinya sudah benar? Jika posisinya miring, hal tersebut  akan membuat USB cepat rusak. Begituipun ketikamencabut konektor USB, cabutlah kepala konektornya jangan kabelnya. Hal ini untuk menghindari putusnya kabel konektor. Selain itu sebaiknya gunakanlah kabel Y atau jenis kabel dengan dua buah slot USB agar pasokan daya listrik  pada hard disk eksternal Anda tetap terjaga. 
 
Melindungi Hard Disk Eksternal 
 
Ada dua jenis perlindungan yang perlu Anda lakukan dalam merawat hard disk eksternal Anda. Pertama sebaiknya hard disk eksternal Anda diberi pouch atau tas pelindung hard disk. Namun harus dipastikan hard disk Anda diberi cukup udara. Lepaskanlah pouch ketika hard disk hendak dipakai. Pouch yang terpasang akan membuat hard disk terasa panas sehingga membuat hard disk gerah dan berpotensi melambat. Apalagi jika terlalu panas  hard disk berpotensi mencapai kondisi  overheating. Untuk itu berilah udara saat hard disk hendak dipakai dengan melepas puch saat dipakai dan tidak memberi bantalan saat hard disk eksternal dioperasikan.
 
Perlindungan yang kedua  bersifat non-fisik. Hard disk eksternal Anda disarankann untuk dipasang antivirus semacam  PCMav, Trendmicro, Smadav, Naevius, dll. Hal ini untuk jaga-jaga saja jika perangkat yang dihubungkan  tidak memiliki antivirus. Selain itu lindungi pula data penting Anda agar tidak hilang. Backup data-data yang benar-benar penting karena hard disk eksternal sifatnya mobile sehingga rentan kehilangan data. 
 
Itulah tiga tindakan penting yang dapat Anda lakukan supaya hard disk eksternal tidak berumur pendek. Jika perangakt penyimpanan Anda bukanlah Hard disk eksternal melainkan SSD eksternal, Anda tidak terlalu khawatir karena SSD memiliki kelebihan sebagai perangkat penyimpan data yang tahan benturan.  [MUL]
 
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel