Ikuti Cerita Tiga Situs Komik Online Berbasis HTML5 Berikut

18 Jun 2012 11:00 6797 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pengalaman membaca komik semakin hari semakin mengalami perkembangan yang pesat. Jika dulu seorang pecinta komik harus terlebih dahulu mengakses cerita-cerita fiksi seru melalui lembar demi lembar buku komik, saat ini situasinya telah berubah. Dengan kecanggihan teknologi dan inovasi di berbagai bidang, rupanya kemampuan membaca komik dapat ...

Pengalaman membaca komik semakin hari semakin mengalami perkembangan yang pesat. Jika dulu seorang pecinta komik harus terlebih dahulu mengakses cerita-cerita fiksi seru melalui lembar demi lembar buku komik, saat ini situasinya telah berubah. Dengan kecanggihan teknologi dan inovasi di berbagai bidang, rupanya kemampuan membaca komik dapat dilakukan dengan cara yang lebih canggih. Saat ini telah banyak tersedia beragam aplikasi-aplikasi dan situs komik online yang menyediakan jasa pembacaan komik baik secara gratis maupun berbayar. Saat ini proses pembacaan cerita komik telah dapat mendukung teknologi HMTL5 terbaru. Lalu, apakah Anda telah mengetahui situs-situs komik online yang telah mendukung penggunaan HTML5? Jika belum, simak ulasan berikut.

Marvel Comic

Mendengar kata Marvel, pikiran Anda pasti langsung tertuju kepada kumpulan pahlawan fiksi yang terdapat di dalam buku-buku komik. Situs komik digital Marvel telah mendukung penggunaan teknologi HTML5 untuk memperkuat basis divisi komik online mereka. Situs Marvel akan didukung penuh dengan pengalaman optimalisasi pada web browser Google Chrome. Penggunaan HTML5 dan Chrome untuk mendapatkan pengalaman membaca komik yang lebih menarik salah satunya ditawarkan oleh perangkat iPad. Aplikasi web tersebut menawarkan sekitar lebih dari 1.600 komik, dan diperlukan biaya sebesar $ 2 setiap satu seri komik. Marvel Comics merupakan salah satu komitmen perusahaan asal Amerika Serikat tersebut untuk membuat komik digital HD yang dapat diakses oleh para penggunanya dimana pun.

Hanya saja Marvel Comic versi Chrome ini tidak terlalu memberikan proses pembacaan komik online yang berbeda. Untuk mengakses setiap ceritanya, Anda harus menggunakan mouse untuk melakukan navigasi dan klik pada layar. Hal ini memang tidak terlalu mengasyikkan seperti pada layar sentuh perangkat mobile. Anda dapat membayar setiap seri komik langsung dari Chrome Store yang dapat dibaca melalui PC atau Mac. Selain itu, agar dapat mengakses situs komik online ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh atau menggunakan web browser Chrome. Marvel Comics versi HTML5 ini dapat Anda akses di sini.

Soul Reaper

Selain Marvel Comics, situs komik satu ini akan memberikan Anda pengalaman membaca komik dengan cara berbeda. Soul Reaper merupakan HTML Scroll Book pertama yang digunakan sebagai web aplikasi komik digital pertama. Komik ini dikembangkan oleh Saizen Media dan memiliki tampilan grafis yang sangat kuat dan menarik. Namun, saat seluruh cerita dimasukkan ke dalam penggunaan HTML 5 dan CSS, maka Anda akan masuk ke dalam narasi yang disampaikan di dalamnya. Anda tidak hanya mendapatkan cerita dengan grafis selayaknya Manga, namun proses penceritaanya yang mirip dengan seorang storyteller tengah membacakan cerita. Sebagai bagian dari inovasi dunia komik digital terbaru, kombinasi antara bentuk seni dan teknologi ini memberikan penampakan karakter dan cerita yang nampak realistis. Apa yang Soul Reaper tunjukkan mungkin secara perlahan akan memberikan pelayanan yang berbeda kepada para pembaca komik.

Saat masuk ke dalam situs Soul Reaper Anda hanya cukup menunggu proses loading, maka cerita di awal di baliknya akan segera bergulir secara otomatis. Anda dapat menyaksikan karakter-karakter dan objek-objek yang bergerak berdasarkan proses scrolling. Selain itu, adapula latar suara dan musik yang akan mengiringi petualangan membaca komik. Latar suara akan bekerja seperti halnya seorang narator membacakan teks narasi, dan musik akan membuat seluruh adegan tampak dramatik. Cerita Soul Reaper ini baru saja hadir dalam satu episode saja. Sayangnya, pihak pengembang web komik ini masih menampakkan komiknya ini dalam bentuk demo. Untuk memulainya Anda cukup menekan tombol "ON" di bagian kanan atas halaman utama situs ini. Penasaran? Simak cerita Soul Reaper: Episode One di sini.

Bifter

Bifter merupakan web komik Scalable Vector Graphics (SVG) berbasis HTML5. SVG merupakan format baru dalam hal menampilkan kemampuan grafis web berbasis XML. Secara spesifik SVG bekerja untuk menampilkan dan juga mendeskripsikan gambar-gambar 2D. Sebagai web komik digital, Bifter mendukung tiga tipe grafik yakni vektor, gambar dan kurva. Oleh sebab itu format ini dapat mendukung pola skrip dan animasi yang cukup interaktif. Terlebih kemampuan SVG ini dapat pula mendukung pembacaan komik pada perangkat yang memiliki perbedaan kualitas resolusi. Web komik online Bifter ini bercerita tentang dua karakter anjing bernama Biff dan Dave yang tengah melakukan sebuah petualangan. Saat melakukan perjalanan tersebutlah kedua sahabat ini sering melontarkan komentar-komentar yang berhubungan dengan kehidupan sosial.

Bifter memiliki tampilan situs yang sangat sederhana. Pada halaman utamanya Anda akan mendapatkan sebuah komik digital seperti tengah tergeletak begitu saja di lantai kayu. Di samping diri dan kanannya terdapat permen-permen yang dapat menavigasikan Anda. Pada bagian kiri dengan permen berbungkus warna hijau, Anda dapat melanjutkan membaca lembar komik digital berikutnya dengan klik tombol tersebut. Sedangkan di bagian kanan Anda dapat berbagi cerita tentang Bifter ini melalui akun jejaring sosial. Di dalamnya ada sekitar 18 halaman yang dapat diakses. Untuk memulai petualangan dua anjing kritis ini, Anda dapat mengaksesnya di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel