Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Email Windows Phone 8

30 May 2013 23:00 5218 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak yang menggunakan Windows Phone 8 untuk masalah produktivitas, salah satunya adalah email Windows Phone 8. Microsoft Office Mobile bersama WP8 bekerja sama menawarkan berbagai pilihan untuk mendukung akun Anda dalam hal pesan elektronik atau email.

Apakah Anda pengguna Windows Phone 8? Untuk apa saja Anda gunakan fasilitas yang diberikan WP8? Mayoritas penggunanya pasti memanfaatkannya ke Whatsapp dan Xbox Live Gaming. Atau yang lain mungkin banyak menggunakannya untuk jejaring sosial yang sudah diakui mengesankan.

Selain yang mayoritas di atas, orang-orang juga banyak menggunakan OS ini untuk masalah produktivitas, salah satunya adalah email Windows Phone 8. Microsoft Office Mobile bersama WP8 bekerja sama menawarkan berbagai pilihan untuk mendukung akun Anda, baik yang menggunakanan handphone untuk keperluan perusahaan atau sekedar pemakaian membuka akun email Outlock, Hotmail, Windwos Live Messenger dan lain sebagainya. WP8 memberikan Anda fasilitas untuk sinkronisasi dengan Task, Calender dan kontak. Kemampuan ini pastinya mempermudah Anda dan membuat WP8 makin canggih.

Pengaturan Akun Email

Tidak sulit mengatur akun email Windows Phone 8, masuk ke menu Setting> Email+account> Add an account dan masukkan alamat email Anda juga passwordnya. Perhatikan kotak Show Password untuk memastikan Anda memasukkan password yang benar. Kemudian tap Next untuk melanjutkan, tergantung jenis akun, akan ada pilihan sinkronisasi email saja atau email, Calendar dan Task.

Untuk beberapa jenis akun, pengaturan akan dilakukan secara otomatis, tetapi bila hal tersebut tidak terjadi jangan khawatir masih ada cara untuk membuat sinkron dengan handphone Anda.

Akun email Outlock.com, Exchange, Office 365, Hotmail, Google Mail, POP dan IMAP bisa di setup. Setelah Akun Anda berhasil ditambahkan Anda harus meletakkannya di Start Screen. Hal ini bisa dilakukan dengan masuk ke daftar Apps, tap untuk beberapa waktu kemudian pilih Pin untuk memulai. Menu Ubin di Start Screen Anda akan member tahu jika ada email baru yang masuk.

Advance Setting

Jika Anda tidak bisa memasukman email secara otomatis maka bisa melakukannya dengan cara manual. Untuk melakukannya scroll ke bawah pada menu Email+account> Add an account screen kemudian pilih Advence setup. Anda bisa memasukkan email dan password seperti sebelumnya tetapi hanya dapat memilih menu Exchange ActiveSync dan Internet Email saja. Kedua pilihan ini memungkinkan Anda untuk memasukkan data secara manual. Exchange ActivSync memungkinkan Anda untuk menentukan nama domain, nama server dan memilih konten untuk sinkronisasi, sedangkan Internet Email (spesifik untuk IMAP dan POP) membutuhkan masukan dan dan keluaran nama server, SSL option, dan sync time/interval.

Permasalahan Gmail

Saat WP8 baru dirilis masih memungkinkan terhubung dengan Gmail dengan menggunakan Exchange ActiveSync. Namun Google nantinya akan melakukan perubahan sistem pada tanggal 13 Juli 2013 yang kemungkinan besar sync ini tidak bisa dilakukan. Alasannya, Google ingin menghilangkan ketergantungannya pada EAS yang mendukung IMAP dan juga menggunakan fremwork CalDAV dan CardDAV untuk sinkronisasi Calender dan Contact.

Untungnya ini masih isu saja, meskipun demikian Windwos Phone sudah bisa mempersiapkan sistem yang bisa mensinkronisasikan Gmail dengan WP8. Karena saat ini, layanan email yang paling popular salah satunya adalah Gmail.

 

Baca juga :

                    Aplikasi Streaming Mp3 Gratis untuk Windows Phone 8

                    Ipad Pro 9.7, Bukan Sekedar Tablet, Bisa Juga Untuk Perangkat Produktif

 

Linking Inbox Membuat Windows Phone 8 Lebih Rapi

Karena setiap orang mungkin memiliki lebih dari satu akun email mungkin membuat Start Screen Anda kurang rapi. Banyangkan bila Anda memiliki empat email dan semua ada di Start Screen, pasti ramai dengan notifikasi. Untungnya ada fitur Linked inbox di Windows Phone 8 yang bisa melihat semua inbox melalui salah satu inbox email Anda.

Dengan menekan salah satu dari daftar inbox Anda dapat membuat grup yang semuanya dapat diperiksa dari inbox yang Anda pilih. Link inbox-inbox ini juga bisa diubah namanya, scroll ke bawah untuk menemukan menunya atau bisa juga memutus link dengan tap menu Unlink.

Mengirim Attachment dan Pengaturan Signature

Mengirim pesan email sangat mudah, buka inbox tap +  masukkan penerima dan pesan. Selain itu, Anda juga bisa mengirim pesan melalui People (Contact Name) dan tap email yang sudah terdaftar di akun Anda. Saat mengirim email mungkin Anda juga menyertakan lampiran. Ini bisa dilakukan dengan men-tap ikon penjepit kertas.

Catatan: Untuk lampiran hanya terbatas pada gambar saja, untuk lampiran dokumen yang ada di ponsel Anda bisa melalui Microsoft Office kemudian pilih Share. Anda juga dapat mengatur pesan email Anda menggunakan tombol Speak sementara untuk prioritas dan Cc/Bcc dapat di atur melalui tombol Menu.

Yang terakhir untuk pengguna email Windows Phone 8 adalah masalah signature. Ini bisa dikonfigurasi melalui menu pengaturan di bagian bawah layar. Yang perlu Anda lakukan adalah tap pada jendela tersebut dan masukkan signature Anda. Yang perlu diperhatikan, ini sedikit berbeda dengan yang ada di desktop karena layar handphone terbatas, buatlah signature seefektif mungkin.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel