PowerA Moga, Game Controller Berbasis Bluetooth untuk Smartphone Android

15 Jun 2012 15:30 4851 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah saatnya pengguna smartphone Android mempunyai pengalaman gaming yang baru seperti yang akan dirilis oleh PowerA yaitu Bluetooth game controller baru bernama Moga.

Game-game Android telah lama hadir sejak dulu. Namun ada salah satu kelemahan utama dari mayoritas permainan di Android yaitu touch-control. Untuk sebagian besar game masalah ini sangat mengganggu. Game-game tersebut tampaknya sedikit lebih mudah diatur pada perangkat seperti tablet, tapi benar-benar tidak dapat digunakan pada smartphone. Untuk mengatasi ini dibutuhkan sebuah controller. Hal ini sekarang menjadi fitur yang semakin banyak digunakan, berkat adanya hal-hal seperti Zeemote tersebut. Selain itu, kernel prosesor Tegra menawarkan dukungan USB controller.

Inilah saatnya pengguna smartphone Android mempunyai pengalaman gaming yang baru seperti yang akan dirilis oleh PowerA yaitu Bluetooth game controller baru bernama Moga. Meskipun perangkat ini baru dimaksudkan untuk perangkat Android, namun rencana ke depannya akan diperluas agar bisa kompatibel dengan iOS dan Windows Phone. PowerA akan memamerkan Moga controller baru ini pada E3 (Electronic Entertaiment Expo) Games Exhibition yang diselenggarakan pada 5-7 Juni kemarin.

Moga Controller ini memiliki desain yang cukup familiar bagi banyak pecinta game konsol. Dengan plastik hitam penuh di depan tetapi di sisi belakang tidak hanya berbahan karet tetapi juga bergaris untuk memberikan pegangan lebih. Perangkat ini juga memiliki stik analog ganda, shoulder button dan tombol pusat. Jika Anda pernah melihat ponsel-ponsel lokal yang berperan sebagai ponsel game, dengan konsep menjepitkan ponsel pada ekstension controller, kurang lebih seperti itulah konsep yang diimplementasikan pada PowerA Moga. Hanya saja, jika pada ponsel lokal masih mengandalkan kabel, untuk Moga ini Anda cukup menguhubungkannya ke smartphone Android melalui Bluetooth.

Pengalaman menggunakan game controller Moga akan ditingkatkan dengan sebuah aplikasi yaitu aplikasi Moga Pivot, yang dapat Anda gunakan untuk mencari game-game yang dapat dimainkan di Moga. Anda juga tidak perlu khawatir karena aplikasi pendukung ini tersedia gratis di Google Play Store. Keuntungan utama dari aplikasi ini adalah dapat memindai dan menjalankan game yang kompatibel dengan Moga di Android smartphone secara otomatis. Tidak hanya itu, tetapi juga mengunduh patch kits dari game-game yang ada untuk memperoleh kompatibilitas sekaligus menyimpan informasi dalam satu lokasi. Sehingga Anda tidak perlu mencari berbagai permainan dengan menekan tombol download.

Fitur yang membedakan Moga Pivot App dari yang lain adalah secara otomatis akan meng-update list dengan game baru. Permainan seperti Virtual Tennis Challenge, Sonic CD and Duke Nukem 3D adalah 14 board game yang didukung oleh Moga. Beberapa judul game lain dapat diharapkan beberapa minggu mendatang. Alat ini adalah salah satu aksesoris Android yang memperoleh banyak perhatian, jadi pastikan Anda tetapi up-to-date mengenai ketersediaan PowerA Moga.

Pada pengujian dengan PowerA Moga ini ditemukan alat yang dibangun kokoh dengan pegangan yang baik dan nyaman di tangan. Tidak ada kesulitan untuk menangani posisi pada sebuah Galaxy S2. Game controller juga bekerja dengan baik untuk gaming meskipun sebuah lemparan yang lebih pendek dibandingkan dari tombol Moga yang akan menimbulkan perasaan dan hampa bila digunakan.

Pada akhirnya perangkat baru ini digambarkan sebagai pilihan yang baik untuk orang yang mencari beberapa kontrol yang dapat disentuh untuk digunakan saat bermain game di ponsel mereka. Misalnya, akan mempermudah untuk menjaga waktu saat bermain ground stroke di Virtual Tennis dengan tombol Moga yang menyediakan lemparan pendek secara komparatif. Sedangkan untuk kasus Sky Gamblers: Rise of Glory, pemain dapat dengan mudah melacak musuh menggunakan stik analog Moga karena mereka memiliki struktur yang tipis.

Seperti yang Anda lihat, Moga menawarkan pop–out holder kecil untuk smartphone Anda, yang pada dasarnya akan mengubahnya menjadi sebuah sistem game genggam yang full-fledged, mirip seperti Nintendo DS. Lalu berapa harga yang akan dibandrol untuk alat ini? Inilah yang belum diketahui. PowerA telah menyatakan bahwa Moga akan tersedia sebelum musim liburan tahun 2012, jadi jika ingin melihat informasi harga tunggu beberapa bulan lagi. Ditambah lagi aplikasinya saat ini sudah bisa di-download secara gratis mulai sekarang. Dengan demikian bisa dipastikan tak lama lagi PowerA Moga ini bisa dipesan. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel