Cara Uninstall Aplikasi Android Massal Yang Sudah Tidak Dibutuhkan

30 May 2013 20:00 5900 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untungya saat ini ada cara uninstall aplikasi Android sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika Anda seorang yang suka mencoba aplikasi, Anda harus rajin membersihkan aplikasi yang ternyata tidak Anda gunakan. Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi yang sepertinya keren tetapi ketika diuji coba tidak seperti penggambarannya. Bila Anda menguninstallnya satu persatu tentu memakan waktu yang cukup lama. Anda harus masuk aplikasi tap pada menu uninstall dan tunggu sistem selesai menguninstall. Untungya saat ini ada cara uninstall aplikasi Android sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk melakukan uninstall massal ini Anda harus memiliki aplikasi Titanium Backup. Anda tidak perlu menggunakan versi yang berbayar karena yang gratisan pun bisa malakukan cara ini. Tetapi Anda perlu me-root perangkat, bila Anda belum me-root perangkat ada aplikasi lain yang bisa membantu melakukan uninstall massal. Berikut cara-caranya:

Uninstall Aplikasi Sekaligus

Titanium Backup merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan cara uninstall aplikasi Android yang banyak secara sekaligus. Tetapi ini tersembunyi dari tampilan Titanium Backup yang memang agak membingungkan.

Untuk melakukan ini Anda harus me-root perangkat Android Anda, setelah di root, install  Titanium Backup ke perangkat Anda. Sekali lagi, tidak perlu membeli versi pro-nya karena versi gratis bisa malakukan ini. Jalankan Titanium Backup di perangkat yang sudah di-root kemudian tap tombol Menu.

Di tampilan Start Menu cari kategori General dan tap pada Batch action yang ada di bawahnya. Di menu ini berbagai tindakan sekaligus untuk beberapa aplikasi bisa dilakukan seperti me-restore, freezing atau membersihkan cache-nya.

Scrool ke bawah kebagian Uninstall pada tampilan Menu Batch action dan tekan tombol Run di bagian kiri pilihan Uninstall backed up user apps. Jangan khawatir, ini tidak secara langsung otomatis menghapus aplikasi Anda. Pilihan ini hanya mungkin sedikit membingungkan kita karena nama tombolnya Run.

Sekarang Anda akan melihat semua aplikasi yang terinstall di perangkat Android, semua aplikasi yang sudah terinstal ini dipilih secara default. Jika Anda ingin menghapuskan semua aplikasi tersebut bagus, Anda tidak perlu mengikuti cara ini tinggal lanjutkan ke proses selanjutnya. Di bagian ini ada tiga pilihan yang bisa dilakukan yaitu Select All untuk memilih semuanya, Deselect all dan Invertselection. Untuk memilih, unchek aplikasi yang tidak ingin diuninstall. Setelah selesai memilih, tekan ikon tanda centang di bagian kanan atas untuk melakukan proses uninstall. Titanium Backup akan memulai proses penguninstallan aplikasi yang Anda pilih tadi. Ini untuk Android yang telah di-root, namun walau sudah di-root beberapa perangkat Android tidak bisa melakukan ini karena masalah keamanan.

 

Baca juga :

                    Cara Uninstall Aplikasi pada Android

                    5 Gadget ini Membuat Orang Jepang Tidak Dapat Hidup tanpa Memilikinya

 

Uninstall Sekaligus Tanpa Root

Bila perangkat Anda belum di-root proses akan sedikit sulit, Anda tidak bisa melewatkan pesan konfirmasi tanpa akses root dan mungkin akan menghabiskan waktu yang lebih banyak lagi.

Walau begitu Anda bisa tetap mempercepat proses uninstall pada Android Anda. Untuk mempercepat proses uninstall tanpa root Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Easy Uninstaller. Aplikasi ini akan memperlihatkan daftar aplikasi yang sudah diinstall dan Anda bebas memilih aplikasi mana yang ingin diuninstall. Daftar aplikasi ini diurutkan berdasarkan besar file mereka masing-masing dengan tujuan Anda bisa memilih aplikasi mana yang harus diuninstall agar Anda mendapatkan ruang penyimpanan yang besar.

Pilih aplikasi yang ingin diuninstall dan tekan tombol Batch Uninstall. Easy Uninstaller akan memunculkan pop-up kotak konfirmasi untuk setiap aplikasi yang ingin diuninstall. Anda juga harus menekan tombol OK untuk setiap aplikasi, meskipun kelihatannya sedikit ribet tetapi cara uninstall aplikasi Android ini lebih cepat daripada Anda harus menguninstall manual aplikasi Anda satu demi satu.

Bila Anda seorang profesional dalam Android tentu saja bisa melakukan proses uninstall melalui komputer dengan sambungan USB dengan bantuan software seperti adb. Namun cara seperti ini bukan untuk pengguna Android pemula atau yang belum terlalu paham sistem dan cara kerja Android. Dengan cara ini Anda bisa menguninstall beberapa aplikasi sekaligus. Bahkan bukan hanya satu perangkat Android, dua atau lebih bisa di uninstall massal dengan menggunakan cara ini. Tetapi jika Anda masih amatir Plimbi sarankan untuk tidak mengambil opsi ini.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel