Cara Manage File Komputer Dengan DropIt

22 Jul 2013 19:00 3642 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Program manage file DropIt akan mengatasi masalah Anda yang sering menempatkan file secara sembarangan.

Komputer akan dijejali dengan berbagai file dari penggunanya, file tersebut berasal dari berbagai tipe. Bagi orang yang tidak terlalu memikirkan isi di dalam komputernya, mereka akan menempatkan file secara sembarangan dan membiarkannya tidak terorganisasi dengan rapi. Lalu, bagaimana orang-orang tersebut akan mencari suatu file ketika dibutuhkan? Berapa lama mereka akan mencari file-file itu? Mungkin, apabila Anda termasuk orang-orang tersebut, Anda akan menyaring file berdasarkan nama atau tipe file. Tetapi bukankah lebih baik jika Anda mengorganisasi file-file di dalam komputer sejak awal, agar semuanya berjalan lancar dan tidak membingungkan ketika mencarinya? Untuk hal-hal seperti ini, Anda bisa menggunakan program manage file bernama DropIt.

Dengan menggunakan DropIt, semua keresahan Anda akan pengorganisasian file dapat berakhir sekarang juga. Anda tidak perlu mencari satu per satu file pada folder, tidak perlu menyaring file yang belum pasti ditemukan dan kegiatan yang membuang-buang waktu lainnya. Yang perlu Anda lakukan cukup drag and drop file pada folder yang  Anda inginkan, dan Anda dapat mengorganisasinya secara otomatis. Program manage file ini akan mengatasi masalah Anda yang sering menempatkan file secara sembarangan.

 

Baca juga :

                Tips Melakukan Manage File Agar File Anda Menjadi Rapi

                Review Spesifikasi Xiaomi Mi 4s, Smartphone Kelas Menengah Harga 3 Jutaan

 

DropIt akan terlihat seperti program lain yang pernah diinstall, seperti halnya program-program untuk Windows, Anda akan diberikan ikon di mana Anda akan bekerja dimulai dari situ. Ini adalah tempat di mana Anda akan membuka program kemudian akan bekerja di dalamnya. Setelah membukanya, Anda akan melihat area yang dinamakan dropzone, di mana Anda dapat men-drop file atau folder pada program dan secara otomatis akan menjalankan kinerjanya untuk membantu Anda mengorganisasi file dan folder tersebut. Di sini, Anda dapat memindah pada folder yang spesifik, mengkompres file, memberi nama baru, membuka file dengan sebuah aplikasi dan banyak aktivitas lainnya.

Tetapi, sebelum Anda menempatkan file atau folder pada dropzone Anda perlu menyisihkan waktu sebentar untuk mengatur program sehingga program ini tahu apa yang perlu dilakukan dengan file yang berbeda-beda. Pada menu Options, Anda dapat menetapkan pengaturan dari yang simpel hingga yang kompleks sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya memindahkan file foto ke My Photos, memindahkan file video ke My Videos dan banyak pengaturan yang lebih spesifik lainnya.

Saat Anda memulai menggunakan program ini, disinilah letak keasyikkan dari penggunaannya. Dengan waktu yang Anda sisihkan sejenak, Anda dapat memberikan pengaturan yang lebih kompleks. Seperti misalnya menetapkan opsi agar program hanya menyaring gambar sesuai ukuran yang diinginkan untuk dipindah pada suatu folder yang Anda pilih atau bisa juga menyaring video berdasarkan tanggal pembuatannya.

Ada juga fitur lain dari DropIt yang akan membantu Anda mengatur file. Melalui program manage file ini, Anda tidak hanya akan dapat memindahkan file pada folder yang spesifik, tetapi juga Anda dapat membuat folder berdasarkan setting filter yang dibuat. Ya, DropIt tidak hanya program yang dapat memindah-mindah file dengan mudah. Opsi pemindahan ini memang sangat berguna dan merupakan kelebihan dari program ini, tetapi kerja dari DropIt tidak hanya itu saja.

Aturan-aturan juga bisa Anda tetapkan pada file. Misalnya mengatur apabila ketika suatu file di-drag pada dropzone, file tersebut dapat langsung otomatis terkompres, disalin, dimasukkan pada playlist dan lain sebagainya. Anda juga bisa menghubungkan folder dan file sebagai satu kesatuan, jadi Anda tidak perlu repot-repot memindahkan file musik ke folder musik, atau file video ke folder video. Pengaturan-pengaturan tersebut memang akan sedikit memakan waktu namun setelah Anda selesai mengaturnya, maka Anda akan memiliki suatu program yang bekerja serba otomatis.

Mengorganisasi file bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan, tetapi seringnya program Windows membuat sesuatu yang menurut kita sulit. Padahal, apabila Anda menggunakan program alternatif hasilnya akan lebih praktis dan mudah. DropIt merupakan program file manager yang tidak hanya akan menghemat waktu dalam mengorganisasi file, tetapi juga memastikan bahwa file-file Anda berada pada tempat yang benar. Install dan cobalah pada komputer maka Anda akan merasakan sensasinya. Anda dapat mengunduh DripIt di sini. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel