Tips dan Trik Cara Edit Foto Menggunakan Kamera Ponsel

3 Jun 2013 14:00 4257 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tren fotografi dengan ponsel nampaknya semakin memanas, tengok saja ramainya beberapa aplikasi sosial fotografi seperti Instagram yang semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

Tren fotografi dengan ponsel nampaknya semakin memanas, tengok saja ramainya beberapa aplikasi sosial fotografi seperti Instagram yang semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tangkapan foto ponsel pintar Anda apik dan cara edit foto yang baik.

Prinsipnya sama saja sebenarnya dengan memotret dengan kamera kompak. Praktekan saja agar jepretan Anda membuat kagum teman-teman di Facebook atau Instagram. Jadi, apa saja yang harus diperhatikan dalam mengambil foto dan cara edit foto dengan ponsel untuk mendapatkan hasil yang baik? Ayo kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Perhatikan Cahaya

Yang namanya fotografi tentunya terkait dengan pencahayaan. Karenanya, memotret disebut sebagai melukis cahaya. Fotolah objek pada kondisi cahaya yang tepat dan memadai. Jika ingin memotret landscape, pagi hari dan sore hari adalah waktu yang tepat.

2. Lakukan Komposisi

Komposisi yang tepat juga menentukan hasil yang apik. Bayangkan dua garis vertikal dan dua garis horizontal yang saling berpotongan. Selanjutnya, tempatkan objek utama dari pemAndangan yang kita potret di perpotongan antargaris tersebut. Ini adalah prinsip komposisi fotografi yang disebut rule of third.

3. Hindari Zoom Digital

Jangan pernah menggunakan Zoom Digital. Lebih baik dekati objek untuk mendapatkan pembesaran pada objek. Zoom di kamera ponsel adalah zoom digital dimana proses pembesaran objek adalah hasil crooping pada gambar, bukan pembesaran secara optikal lensa. Semakin besar zooming yang dilakukan, semakin pecah gambar yang didapat.

4. Potret, Edit Kemudian

Kamera pada ponsel lebih bersifat pada point and shoot. Semuanya diset serba otomatis. Yang membedakan keunggulan antar satu kamera ponsel dengan yang lain biasanya adalah fitur pengeditan yang ada di ponsel. Selanjutnya, lakukan pemotretan dnegan mode yang ada dan jangan lupa untuk memberi efek dan mengeditnya dengan photo editor di ponsel atau komputer.

 

Baca juga :

                    Tips dan Trik Cara Membuat Foto Keren dengan Kamera Ponsel

                    Sub-Brand Huawei bernama Honor, Siap Merilis Smartphone Honor Terbarunya

 

5. Manfaatkan Fitur

Meski kemampuan optik kamera ponsel tidak seperti kamera kompak, namun kamera ponsel tetap banyak menyediakan fitur pemotretan. Beberapa ponsel berkamera dilengkapi dengan fitur HDR, makro, continous shoot, dan sebagainya. Manfaatkan saja. Misalnya, HDR dapat digunakan untuk memoret pemAndangan. Continous Shoot dapat digunakan untuk memotret aksi, dan sebagainya.

6. Kosongkan dan Cadangkan

Ruang simpan di ponsel biasanya terbatas. Apalagi di memori internal. Jika di memori eksternal tersedia ruang simpan gede, tentu akan membuat acara memotret menjadi lebih leluasa. Namun, jika tidak, rajinlah untuk mentransfer foto koleksi ke PC atau ke hard disk eksternal setelah beberapa waktu. Jika tidak, Anda bisa melewatkan momen atau objek menarik ketika ingin memotret dan ruang simpan di ponsel tidak tersedia.

7. Stabilkan Ponsel

Karena bodinya yang ringan, seringkali ketika memotret, ponsel mudah terguncang. Alhasil gambar akan menjadi buram (blur). Untuk memotret di ruang temaram, Anda butuh posisi kamera yang stabil. Untk itu, gunakan saja tripod. Banyak tripod khusus smartphone yang tersedia di pasaran. Ini juga dapat digunakan dengan aplikasi slow shutter untuk membuat foto pemAndangan saat matahari terbit atau terbenam.

8. Pilih Warna & Efek

Objek yang menarik dan penuh warna juga menentukan apik tidaknya foto yang Anda tangkap. Cari objek dengan warna-warna yang cerah sehingga foto terlihat bagus. Selain itu, untuk membuat foto juga lebih unik dan warna yang tidak biasa, memanfaatkan beragam aplikasi filter dan efek yang membuat tampilan foto Anda menjadi berbeda. Instagram, aplikasi sharing foto popular tersebut, juga menyediakan beragam efek foto.

9. Hindari Sumber Cahaya

Memotret dengan menghadap matahari atau sumber cahaya langsung seringkali memmunculkan beberapa kendala yang membuat foto menjadi kurang apik. Flare (pengedaraan cahaya) yang muncul akibat memotret langsung ke matahari dapat muncul. Selain itu, memotret dengan matahari langsung membuat bayangan pekat pada objek, kecuali Anda ingin membuatnya menjadi siluet.

10. Manfaatkan Mode Pemotretan

Meskipun serba instan, namun beberapa kamera ponsel pintar terkini menyediakan mode pemotretan yang dapat digunakan untuk menyesuaikan objek yang dibidik. Ada mode Landscape untuk memotret pemAndangan. Ada pula mode Portrait untuk memotret wajah. Untuk memotret benda mungil, gunakan mode Makro.[IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel